home ×
Gadget

Counterpoint: MediaTek Kuasai 43 Persen Pasar Chip Smartphone

07 September 2021 By
Counterpoint: MediaTek Kuasai 43 Persen Pasar Chip Smartphone
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi chipset MediaTek (Foto: IndianaExpress)

Uzone.id - Sudah banyak riset yang menunjukkan jika MediaTek merupakan produsen chip smartphone yang kini sedang naik daun. Yang terbaru adalah perusahaan riset Counterpoint yang mengukuhkan tahta MediaTek dari Qualcomm.

Menurut laporan Counterpoint, MediaTek telah mengambil alih tahta Qualcomm sebagai produsen chip smartphone dunia. MediaTek diklaim telah menguasai sekitar 43 persen pangsa pasar chip smartphone global.

Baca juga: Jerman Dorong Usia Ponsel Sampai 7 Tahun Saja

Dilansir melalui Trusted Review, Selasa, 7 September 2021, angka tersebut memang terpaut jauh dari Qualcomm. Manufaktur asal Taiwan itu memiliki pangsa pasar yang cukup tinggi, berbeda dengan Qualcomm yang hanya 24 persen pangsa pasar.

Namun begitu, Counterpoint mengatakan bahwa Qualcomm tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, pergeseran dominasi ini memang sering terjadi. Masalah utama yang dihadapi Qualcomm di Q2, tampaknya, adalah kendala pasokan sejak paruh pertama tahun 2021. MediaTek menderita relatif sedikit jika dibandingkan, dan menikmati manfaat dari hasil produksi yang stabil dari TSMC.

Baca juga: Realme Book, Laptop Layar 2K Seharga Rp11 Juta

Qualcomm diperkirakan akan mampu mengejar ketertinggalan karena sudah memulai produksi chip dari berbagai pabrikan untuk mengurangi masalah pasokan. Yang perlu diingat, Qualcomm masih mendominasi pengiriman modem 5G dengan pangsa pasar 55 persen dibandingkan MediaTek yang hanya 30 persen.

MediaTek belakangan ini telah secara signifikan meningkatkan industri SoC smartphone kelas menengah dan bawah. Produk-produknya bukan lagi alternatif yang jelek untuk menyaingi chip kelas bawah Qualcomm.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id