home ×
Digilife

Covid-19 dan Pilpres, Paling Banyak Dibaca di Wikipedia Selama 2020

27 December 2020 By
Covid-19 dan Pilpres, Paling Banyak Dibaca di Wikipedia Selama 2020
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Seperti platform pada umumnya, setiap tahun memberikan insight apa yang paling banyak diakses oleh pengunjung selama 12 bulan belakangan. Wikipedia pun mengeluarkan daftar tersebut, dan hasilnya tidak mengejutkan. Covid-19 dan Pemilihan Presiden (PIlpres) menjadi bahasan yang paling banyak diklik tahun ini.

Dilansir melalui Cnet, Minggu, 27 Desember 2020, Wikipedia mengakui jika virus corona dan politik mewarnai pemikiran pengunjung pada tahun ini. Covid-19 dan Pilpres di Amerika mendominasi ensiklopedia online tersebut tahun ini.

Dikatakan pihak Wikipedia, dua tema tersebut menjadi dasar dari tujuh artikel Wikipedia yang paling banyak dibaca dan masuk dalam daftar Top 10 Most View Articles selama 12 bulan terakhir. Tujuh artikel itu secara total menghasilkan sekitar 297 juta page views.

Baca juga: Jajaran Ponsel Sultan di 2020

"Dari 10 artikel yang paling banyak dilihat, jika ditotal menghasilkan sekitar 396 juta pageview di Wikipedia," jelas pihak Wikipedia.

Data trafik artikel Wikipedia itu secara tidak langsung telah menekankan bahwa platform tersebut bisa menjadi sumber informasi yang kompeten. Walaupun sebenarnya tulisan-tulisan di platform tersebut bisa diubah dan diedit siapa pun. Namun sekarang, Google menggunakan cuplikan dari situs tersebut langsung di hasil pencariannya, dan YouTube menautkannya dari uraian info yang muncul di bawah video palsu atau menyesatkan.

Saat ini pihak Wikipedia mengaku telah memiliki sekitar 56 ribu sukarelawan yang bergabung sebagai editor di platform tersebut. Ribuan relawan itu bertugas untuk memproteksi kesalahan penulisan atau misinformasi yang bisa muncul tiba-tiba di artikel yang ada karena diubah/diedit pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Sepanjang 2020

Saat ini ada lebih dari 2000 halaman di Wikipedia yang terkait dengan Pemilu di AS. Sedangkan bahasan mengenai Covid-19 ditengarai ada sekitar 7000 halaman yang ditotal bisa menghasilkan sekitar 580 juta pageviews.

Tiga artikel terkait virus corona berisi tentang Pandemi Covid-19 (berada di posisi 1), Coronavirus (6), dan Pandemi Covid-19 berdasarkan negara dan wilayah (8). Ketiganya menghasilkan sekitar 145 juta pageview.

Sedangkan topik politik berkisar pemilihan presiden di Amerika Serikat lebih bervariasi. Ada bahasan tentang Donald Trump, Kamala Harris, Joe Biden dan 2020 United States Presidential Election. Masing-masing menduduki peringkat 2, 4, 5 dan 9 dengan total page view yang dihasilkan mencapai 152 juta.

Bahasan lain yang masuk 10 besar juga terkait dengan kematian yang ada di 2020. Death in 2020 menduduki posisi nomor 3 sebagai artikel yang paling banyak dibaca dengan total 42 juta views. Berikut juga dengan artikel terkait Kobe Bryant yang menduduki posisi 7 dengan views 32 juta. Sedangkan di posisi terakhir ada artikel tentang Ratu Elizabeth II dengan total 24 juta views.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article