home ×
Gadget

Daftar 5 Brand Ponsel Pintar Terbesar di Dunia, Siapa Aja?

02 November 2019 By
Daftar 5 Brand Ponsel Pintar Terbesar di Dunia, Siapa Aja?
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi/Reuters)

Uzone.id -- Sempat mengalami penurunan penjualan, industri ponsel pintar kembali bangkit di tahun ini. Selain dari Strategic Analytics, muncul riset dari lembaga Canalys mengenai daftar brand atau vendor smartphone terbesar di dunia. Bisa tebak siapa saja?

Data yang dipaparkan Canalys, dari kuartal tiga tahun ini yang dimulai dari Juli sampai September 2019, total jumlah shipping atau pengapalan ponsel pintar secara keseluruhan adalah 352,4 juta unit.

Angka tersebut menunjukan peningkatan 1 persen dibanding periode yang sama pada 2018, yakni 348,9 juta unit. 

Nah, melihat kenaikan ini, kira-kira siapa saja brand yang berkontribusi dalam peningkatan jumlah ponsel pintar yang dikapalkan?

Baca juga: Akhirnya Dijual, Harga Ponsel Lipat Huawei Setara Motor PCX

Di peringkat satu, ada perusahaan asal Negeri Ginseng, Samsung. Canalys mencatat, jumlah pengapalan Samsung tembus di angka 78,9 juta unit dengan pangsa pasar 22,4 persen dalam skala global. Angka ini meningkat dari periode sebelumnya di 2018 sebesar 11 persen.

Tampaknya hal ini turut didukung oleh kehadiran lini produk baru seperti Galaxy A dan Galaxy M yang menyasar konsumen di kelas menengah dan entry-level.

(Sumber: Canalys)

 

Di bawah Samsung, ada Huawei. Meski di tahun ini Huawei menghadapi polemik dengan Amerika Serikat, tampaknya brand asal China ini tetap memperlihatkan konsistensi dalam memasarkan produknya.

Total pengapalan Huawei di kuartal tiga 2019 adalah 66,8 juta unit dengan pangsa pasar 19 persen. Pencapaian ini juga mengalami peningkatan dari periode sebelumnya sebesar 29 persen. 

Posisi Huawei kemudian diikuti oleh Apple. Yup, Apple mengekor Huawei. Total pengapalan iPhone tercatat 43,5 persen dengan pangsa pasar 12,3 persen. Tak seperti Samsung dan Huawei, angka tersebut justru mengalami penurunan dari periode yang sama di 2018, yakni sekitar 7 persen. 

Baca juga: Dear Apple, iPhone Mulai Gak Laku?

Lalu peringkat ke-4 dan ke-5 ditempati oleh Xiaomi dan Oppo. Keduanya beda tipis banget dalam volume pengapalan dan pangsa pasar.

Xiaomi tercatat telah mengapalkan ponselnya sebesar 32,5 persen dengan pangsa pasar 9,2 persen. Sementara shipping ponsel Oppo berada di angka 32 persen dan pangsa pasar 9,1 persen.

Baik Xiaomi maupun Oppo, kedua brand ini masih memiliki lini produk yang getol menyasar konsumen di kelas menengah, bahkan entry-level sekalipun dengan spesifikasi mumpuni.

Sementara Apple menjadi brand yang mengalami penurunan paling drastis jika dibandingkan di tahun lalu. Selain konsisten fokus untuk pasar premium, inovasi Apple yang diterapkan di iPhone dianggap tak ada yang signifikan. 

Brand favorit kalian yang mana, nih?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

28 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 07 December 2019 | 23:03:21

samsung memang is the best ponsel sejuta umat

kiply macho 02 December 2019 | 08:19:37

bnyk survei klw pakai iphone itu kata para penggunanya aku cuman buar gaya2 an depan perempuan padahal fitur2 yg ada di dalam hp nya bnyk yg gk ngerti jg

kiply macho 30 November 2019 | 09:52:00

samsung memang is the best ponsel sejuta umat

Lighting Stars 13 November 2019 | 05:45:10

yah saya akui 5 merk ini banyak disukai di pasaran

pejuang 07 November 2019 | 07:40:46

pastinya Samsung yang jadi Brain pertama di dunia

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article