Gadget

Daftar Chromebook Acer yang Siap Pasok “Laptop Pelajar”, Berapa Harganya?

  • 04 August 2021
  • Bagikan :

    Foto ilustrasi: Anete LÅ«siņa/Unsplash

    Uzone.id -- Rencana pengadaan laptop lokal untuk pelajar sekolah di penjuru Indonesia telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Salah satu brand yang siap memasoknya adalah Acer Indonesia.

    Laptop Acer tentu banyak di pasaran, lalu kira-kira akan seperti produk yang disuguhkan untuk proyek laptop pelajar ini?

    Dari penuturan President Director Acer Indonesia, Herbet Ang, Acer siap berkontribusi dalam proyek berkelanjutan ini dengan menyediakan empat varian perangkat Chromebook.

    “Kami mendukung aturan TKDN yang telah ditetapkan pemerintah. Ada empat Chromebook Acer yang telah mengantongi sertifikasi TKDN,” tutur Herbet dalam pernyataannya kepada Uzone.id, Rabu (4/8).

    Baca juga: Ini Spesifikasi Chromebook Advan dan Axioo Pesanan Dikbud

    Ia menyebut produk Acer Chromebook 311 C733T, Acer Chromebook 311 C733, Acer Chromebook Spin 511 R752T, dan Acer Chromebook 311 CB311-9HT.

    “Kami ingin terus menjadi penyedia produk laptop berkualitas internasional yang dapat memberikan nilai lebih ke pasar lokal, dan membantu dunia pendidikan Indonesia dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar melalui fitur dan performa yang dapat diandalkan,” imbuh Herbet.

    Dari pantauan Uzone melalui situs E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), ada produk Chromebook Acer yang disebutkan Herbet tersebut beserta harganya.

    Baca juga: Ini Bedanya Laptop Merah Putih dengan Laptop Pelajar

    Jika mencari “Chromebook Acer” pada bagian pencarian Katalog, hasilnya akan menunjukan berbagai produk Acer yang lebih umum. Sementara itu, hanya ada dua Chromebook yang muncul sebagai produk dengan label “lokal”.

    Yang pertama adalah Chromebook Acer CB311-9HT CELERON N4020.

    Foto: dok. E-Katalog LKPP/Acer

    Di katalog ini, harga laptop Acer ini dibanderol Rp6,75 juta. Spesifikasinya sebagai berikut.

    Foto: dok. E-Katalog LKPP/Uzone.id

    Kemudian yang kedua, nyaris mirip dengan versi sebelumnya, yaitu Acer CB311-9HT CELERON N4120. Hanya beda satu nomor di bagian keterangan Celeron-nya, sisanya sama, bahkan ukuran layarnya pun kembar, yakni 11,6 inci.

    Foto: dok. E-Katalog LKPP/Acer

    Namun, laptop ini sedikit lebih mahal harganya, yaitu Rp6,95 juta. Spesifikasinya sebagai berikut.

    Foto: dok. E-Katalog LKPP/Uzone.id