Digilife

Daftar Hoaks Terbaru Virus Corona Temuan Kemkominfo, Termasuk Jokowi Positif Corona

  • 17 March 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

    Uzone.id - Kementerian Kominfo beserta Penyelenggara Telekomunikasi (Kemkominfo) dan Penyelenggara Platform Digital siap mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo terkait penanganan virus corona. Selain menyediakan tambahan bandwith, Kemkominfo terus menangkal berita hoaks.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut sampai saat ini sudah ada 232 isu hoaks.

    "Sampai dengan hari ini bisa saya sampaikan ada 232 isu hoaks, di antaranya yang ke 232, hoaks yang Presiden Jokowi Terkena Virus Corona. Kelatahan seperti ini merugikan diri sendiri, masyarakat dan bangsa dan negara," ujarnya dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/3).

    Berikut deretan hoaks terbaru virus corona berdasarkan pantauan Tim Ais Kemkominfo.

    Baca juga: Telkom Terapkan Standar Kerja Sesuai WHO untuk Mengurangi Penyebaran Virus Corona

    Presiden Jokowi positif virus corona adalah hoaks

    Presiden Jokowi positif virus corona adalah hoaks temuan ke-232 berdasarkan pantauan Tim Ais Kemkominfo.

    “Ini bukan hoaks lagi, ini hoaks yang kurang cerdas hoaks ini, karena apa? Presiden masih bekerja, Presiden dalam keadaan sehat, tapi kelatahan seperti ini merugikan diri sendiri, keluarganya, masyarakatnya, merugikan bangsa dan negaranya juga,” ujar Johnny.

    Hoaks tentang mitra Gojek diduga suspect corona kabur dari rumah sakit

    Lebih lanjut, Johnny menyampaikan, “Yang ke-231 adalah mitra Gojek yang diduga suspect corona melarikan diri dari Rumah Sakit Persahabatan. Salah juga. Itu wanita setengah baya atau ibu itu bukan dari Gojek dan sudah ada konfirmasi dari Rumah Sakit Persahabatan.”

    Baca juga: Google Sedang Mengembangkan Website Informasi Virus Corona

    Suspect corona di Delta Spa adalah hoaks

    Pesan tentang keberadaan suspect corona di Delta Spa juga sempat beredar. Untungnya, Kemkominfo telah menyatakan bahwa itu adalah hoaks.

    “Yang ke-230, suspect corona ditemukan di Delta Spa. Ada lagi itu di Delta Spa, itu juga kacau, tapi lucu-lucu saja ini, tapi berbahaya ini, tidak ada gunanya,” ujar Johny.

    Hoaks tentang warga Klaten yang terpapar virus corona

    Kabar warga Klaten terpapar virus corona memang sempat beredar di WhatsApp. Dalam pesan tersebut dikabarkan bahwa seorang warg Klaten baru saja dari Jepang dan terpapar virus corona.

    Namun, Kemkominfo telah mengonfirmasi bahwa itu adalah hoaks. Johnny mengatakan, “(hoaks) yang ke-229, warga Klaten terpapar virus corona.”