icon-category Gadget

Daftar HP Samsung yang Bisa Update One UI 6.1, Dapat Galaxy AI Juga?

Uzone.id - Samsung Galaxy S24 Series dirilis bersama dengan sistem operasi One UI 6.1 berbasis Android 14. Setelahnya, Samsung akan menggulirkan sistem operasi ini untuk smartphone lainnya.

One UI 6.1 membawa sedikit perubahan visual pada user interface (UI) perangkat. Namun secara fitur, banyak sekali penambahan yang diberikan oleh Samsung, terutama berkaitan dengan fitur-fitur berbasis kecerdasan buatan atau AI.

Bertajuk ‘Galaxy AI’, fitur-fitur baru di One UI 6.1 terdiri dari Live Translate untuk terjemahan panggilan telepon lintas bahasa secara real-time, Generative Edit untuk memanipulasi foto secara mulus, Interpreter yang menerjemahkan percakapan secara langsung, Chat Assist, hingga kemampuan Circle to Search.

Penambahan fitur ini membuat experience pengguna ketika berkomunikasi, bekerja, sampai menikmati hiburan dapat lebih maksimal lagi berkat bantuan teknologi AI. Lalu, apakah fitur Galaxy AI ini akan dihadirkan juga pada One UI 6.1?

Jawabannya iya. Dikutip dari Android Authority, Samsung memastikan bahwa beberapa fitur AI akan dibawa pada smartphone Samsung lainnya yang mendapatkan pembaruan ke One UI 6.1. Berikut ini beberapa smartphone dan tablet Samsung yang mendapatkan update ke One UI 6.1 berbasis Android 14:

Adapun jadwal pembaruan ke One UI 6.1 akan dimulai pada paruh pertama tahun ini untuk perangkat-perangkat di atas. 

Kabar baiknya lagi, Samsung tengah mencoba One UI 6.1 pada perangkat lainnya, mulai dari Samsung Galaxy A Series sampai Galaxy S Series generasi beberapa tahun lalu. Berikut daftar yang katanya sedang diuji coba One UI 6.1 versi test build:

  • Samsung Galaxy S22 Series
  • Samsung Galaxy S21 Series
  • Samsung Galaxy Z Fold4
  • Samsung Galaxy Z Flip4
  • Samsung Galaxy S21 FE
  • Samsung Galaxy A54
  • Samsung Galaxy A34

Ada kemungkinan, Galaxy AI yang yang dihadirkan pada perangkat non-Samsung Galaxy S24 Series memerlukan koneksi internet untuk pemrosesan AI yang lebih baik. Salah satu alasan utamanya karena prosesor yang tak mendukung teknologi AI on-device, tidak seperti Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy.

Galaxy AI gratis hingga akhir tahun 2025

alt-img

Samsung baru-baru ini mengungkapkan dalam situs resminya bahwa fitur Galaxy AI terbaru bisa diakses secara gratis sampai akhir tahun 2025 saja. Setelah itu, pengguna mungkin akan dibebankan biaya berlangganan agar dapat mengakses Galaxy AI seperti biasanya.

“Fitur Galaxy AI gratis digunakan hingga akhir tahun 2025 pada perangkat Samsung Galaxy yang mendukung,” jelas Samsung dalam situs resminya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini