icon-category Auto

Daihatsu Masih Belum Bernyali Untuk Meluncurkan Ayla Listrik Tahun Ini

Foto: Uzone.id

Uzone.id - Beberapa tahun terakhir, Indonesia mulai diramaikan serbuan mobil listrik. Tapi rata-rata harganya masih mahal. Nah, Daihatsu kencang dirumorkan bersiap meluncurkan Ayla versi listrik. Apakah tahun ini bakal terwujud?

Ayla EV pertama kali diperlihatkan Daihatsu di ajang GIIAS 2022. Mobil low cost green car (LCGC) yang disulap menjadi mobil listrik ini menarik perhatian para pengunjung kala itu, dan tak jarang banyak juga yang menanyai kapan Daihatsu menjual Ayla EV ke Indonesia.

Disinggung pertanyaan tersebut, Sri Agung Handayani selaku Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan, Daihatsu Ayla EV belum akan diluncurkan di Indonesia di tahun ini.

Ia menjelaskan, Daihatsu sejauh ini masih fokus pada pengembangan di fasilitas manufaktur mereka di Karawang, Jawa Barat. Menurutnya, di pabrik tersebut ada divisi R&D dan tim engineer yang memang dipersiapkan untuk pengembangan mobil listrik.

Lebih lanjut, Agung mengatakan bahwa ada beberapa aspek dan syarat yang harus dipenuhi sebelum membawa Daihatsu Ayla EV ataupun mobil listrik lainnya ke Indonesia. Tak sebatas di perakitan saja, ADM pun diharuskan mengedepankan kualitas produk sampai tahap pengolahan limbahnya.

Baca juga: Wujud Daihatsu Ayla EV Concept, Si Penantang Wuling Air ev

“Tahun ini dipastikan belum (Ayla EV). Tidak satu aspek saja (yang dipenuhi), bukan cuma perakitan saja, tapi kualitas, long term, renewal, dan kebetulan Daihatsu menganut sampai ke pengolahan limbahnya,” katanya, saat ditemui usai acara Daihatsu media Gathering, Selasa (17/1).

Requirement yang harus dipenuhi adalah requirement global,” sambung Agung.

Daihatsu Ayla EV sendiri masih sebatas mobil konsep yang hingga kini masih dikembangkan. Spesifikasi teknisnya, mobil listrik Daihatsu tersebut menggunakan motor listrik berdaya 60 kW dan ditenagai baterai berjenis lithium-ion sebesar 32 kWh.

Kala dipamerkan di GIIAS 2022, mobil ini cukup menarik perhatian. Dari desain saja, mobil tersebut dibalut warna Satine Silver dengan aksen Electric Yellow yang merepresentasikan kendaraan listrik, plus dipadukan dengan velg alloy berukuran 17 inci.

Baca juga: Merek Mobil Terlaris di Indonesia: Toyota Rajanya, Wuling Disalip Hyundai

Di sisi interior, terdapat panel speedometer TFT 7 inci, serta desain kursi baru yang menambah nuansa kenyamanan. Kaca spion menggunakan layar digital pada sisi kanan dan kiri dashboard, bertujuan sebagai penerapan teknologi terkini serta mendukung aerodinamis pada kendaraan.

Saat perhelatan GIIAS 2022, Daihatsu menyatakan bahwa Ayla EV dikembangkan oleh para engineer lokal dengan melakukan pengembangan pada bagian dan part tertentu, termasuk penggerak, baterai, sampai suspensi.

Dipilihnya Daihatsu Ayla sebagai basis untuk kendaraan listrik, lantaran mobil ini menjadi mobil LCGC pertama yang dirancang oleh teknisi lokal dan sepenuhnya dibuat di Indonesia.

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini