icon-category Startup

DANA Jadi Salah Satu Aplikasi Paling Banyak Diunduh se-Asia Tenggara

  • 14 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Pengguna aplikasi DANA

    Uzone.id - Pertumbuhan pengguna internet tercatat meningkat signifikan di tahun lalu, begitu juga dengan naiknya adopsi internet dan smartphone yang mendorong berbagai aplikasi hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    Platform keuangan digital seperti e-wallet pun menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat di era sekarang. Menjadi salah satu platform e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia, DANA berhasil masuk dalam jajaran Top Publisher Award untuk kategori "Top 20 SEA Headquartered Applications Publishers by Worldwide Downloads."

    Kategori ini dilihat dari perkiraan jumlah download aplikasi di iOS App Store dan Google Play dari seluruh dunia, berdasarkan data.ai Intelligence dan DANA pada 31 Maret 2022.

    Baca juga: QRIS Antar Negara Diluncurkan, Belanja di Thailand Bisa Pakai DANA

    "Penghargaan ini ikut merefleksikan semakin tingginya penerimaan sekaligus kesiapan masyarakat khususnya Indonesia dalam memanfaatkan layanan keuangan digital seperti DANA,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, Selasa (13/9).

    Rangga menambahkan, DANA akan terus mengembangkan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, termasuk untuk memudahkan kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari mereka.

    DANA hingga saat ini diklaim telah memiliki 120 juta pengguna, pertumbuhan yang  signifikan dibanding tahun 2019 yang berada di kisaran angka 50 juta pengguna. Perharinya, DANA disebutkan mengolah rata-rata lebih dari 10 juta transaksi harian.

    Sepanjang tahun 2021, DANA juga sempat menjadi satu-satunya aplikasi finansial yang berhasil masuk ke dalam "Top 10 Most Downloaded Apps in Indonesia" di seluruh kategori.

    Baca juga:  Didongkrak QRIS, Transaksi Digital di Indonesia Makin Tumbuh

    DANA juga berhasil menjadi aplikasi finansial yang paling banyak diunduh se-Asia Tenggara sepanjang kuartal kedua tahun 2021 baik di iOS maupun Android. 

    Pada peringkat global aplikasi keuangan, DANA keluar sebagai aplikasi keuangan dengan laju pertumbuhan unduhan tercepat kedua di tahun 2021 jika dibandingkan dengan tahun 2020.

    Kontribusi DANA dalam pertumbuhan transaksi digital di Indonesia didongkrak oleh kehadiran 20 juta QRIS, dan DANA sendiri telah hadir di sekitar 5,5 juta merchant QRIS.

    Selain itu, DANA kini juga mendukung transaksi QRIS antar negara yang memudahkan masyarakat Indonesia bisa bertransaksi di Thailand menggunakan e-wallet.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini