home ×
Digilife

Dana Rp4,5 Miliar Tak Kunjung Cair, 420 Investor Kompak Tagih Tanijoy

26 July 2021 By
Dana Rp4,5 Miliar Tak Kunjung Cair, 420 Investor Kompak Tagih Tanijoy
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Tanijoy, sebuah startup yang bergerak di bidang agrobisnis diduga telah menggelapkan dana para investor sebesar lebih dari Rp4 Miliar. Hingga saat ini, dana para investor tak kunjung juga dicairkan oleh pihak Tanijoy.

Startup peer to peer lending (P2P) ini menyediakan investasi online yang menjadi jembatan para petani kecil dan akses permodalan untuk pertanian.

Permasalahan dimulai ketika uang dari hasil proyek yang sudah masuk ke akun para investor tak kunjung dicairkan ke rekening bank pribadi investor. Hal ini diakui oleh pihak Tanijoy dan mengakui adanya keterlambatan pembayaran hasil proyek.

BACA JUGA: Jennie BlackPink dan Pacar Elon Musk Mejeng di Depan Roket SpaceX

“Pada saat pendistribusian laporan akhir, Tanijoy masih dalam tahap melakukan collection atas dana yang digunakan untuk menjalankan usahatani. Aktivitas collection pun terhambat dikarenakan pemberlakukan PSBB di daerah operasional Tanijoy,” tulis pihak Tanijoy dalam siaran pers per tanggal 7 September 2020.

Tanijoy juga mengatakan adanya mismanajemen yang terjadi sehingga sejumlah proyek pendanaan mengalami kerugian akibat produksi yang rendah, penurunan kuantitas pembelian secara drastis dari para offtaker, dan penambahan termin pembayaran oleh offtaker sejak adanya pandemi COVID-19.

Akibat ketidakpastian serta belum adanya kabar terkait pencarian dana hingga saat ini dari pihak Tanijoy, para pendana Tanijoy membuat himpunan beranggotakan 420 investor.
Jumlah uang yang masih tertahan di Tanijoy hingga saat ini mencapai Rp4,5 Miliar.
Hingga projek terakhir Tanijoy dibuka, terdapat sebanyak 756 petani yang ada dalam platform mereka dengan total dana terhimpun mencapai Rp19.294.35.000.

Sekitar Rp14,7 Miliar sudah berhasil diselesaikan, dan sisanya sebesar Rp5,6 Miliar masih menjadi outstanding dan sekitar Rp3,9 Miliar menjadi withdraw terhambat.

Sebagai salah satu jalan keluarnya, Tanijoy menggunakan dana dari anak usaha lain yaitu Tanijoy Trade. Diperkirakan butuh waktu hingga 3 tahun untuk mengembalikan dana-dana investor ini, atau paling cepat 1,5 tahun jika Tanijoy lebih tanggap.

Hingga berita ini dikeluarkan, belum ada tanggapan apapun dari pihak Tanijoy sendiri, bahkan para investor pun belum mendapat kabar terbaru dari pihak startup tersebut.

VIDEO: Uzone Talks - CEO Gen X vs Karyawan Milenial

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id