Home
/
Technology

Dana segar bagi Blanja.com mulai dikucurkan

Dana segar bagi Blanja.com mulai dikucurkan

indotelko.com22 June 2017
Bagikan :

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai mengucurkan dana segar bagi Blanja.com guna bisa bersaing di ranah eCommerce nasional.

Telkom adalah pemilik 60% Blanja.com, sedangkan sisanya adalah eBay. Kedua pemegang saham telah berkomitmen mengucurkan US$ 50 juta bagi Blanja.com agar bisa bersaing di pasar eCommerce.

"Kita sudah kucurkan sebagian yang menjadi kewajiban Telkom dari US$ 50 juta itu. Kan Telkom nanggung sekitar US$ 30 juta dari total komitmen itu sesuai porsi sahamnya, kita keluarkan sebagian karena ini bulan Ramadan, Blanja pasti butuh dana untuk pemasaran. Tadinya kita mau satu termin saja pencairannya, tetapi dengan melihat kondisi pasar, kita keluarkan dulu sebagian," ungkap Direktur Keuangan Telkom Harry Zen, kala berbuka bersama dengan media, belum lama ini.

Dikatakannya, untuk termin kedua dana yang didapat Blanja.com akan dikeluarkan di semester kedua ini. "Dananya semua dari kas internal Telkom," katanya.

Ditegaskannya, Telkom berkomitmen membesarkan Blanja.com karena dianggap sebagai investasi bisnis masa depan yang selaras dengan rencana jangka panjang  perseroan untuk bertransformasi menjadi Digital-Telco. (Baca: Blanja dapat dana)

Secara terpisah, CEO Blanja.com Aulia E Marinto menjelaskan strategi Blanja dalam mengembangkan pasar berbeda dengan pemain lain. "Kami ini ingin main lama di eCommerce. Jadi, kita itu tak mau dapat dana langsung agresif. Kita maunya napas diatur karena ini persaingan keras. Kita gak mau terjebak perang subsidi yang kebablasan. Susah sendiri nanti," katanya.

Head of Marketing, Blanja.com Faiz Fashridjal mengatakan pertumbuhan transaksi di Blanja.com melesat sejak dilakukan revitalisasi belum lama ini.

"Ini di Ramadan saja naik transaksi tujuh kali lipat dari hari biasa jika dilihat week on week," katanya.

Digital Public Relations Manager, Blanja.com Rieka Handayanijumlah transaksi rata-rata 5000 transaksi per hari. Memasuki Ramadan, tren itu naik terus. "Apalagi ditambah promo-promo menarik. Kenaikannya sekitar 30% menjadi 6000-an transaksi,” katanya.

Asal tahu saja, tahun lalu Blanja.com melayani transaksi US$ 100 juta. Tahun ini ditargetkan naik menjadi US$ 150 juta.(dn)

populerRelated Article