home ×
Digilife

Dark Mode di WhatsApp Kurang Gelap, Mata jadi Gak Nyaman

06 February 2020 By
Dark Mode di WhatsApp Kurang Gelap, Mata jadi Gak Nyaman
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - WhatsApp semakin dekat meluncurkan fitur Dark Mode, salah satu indikasinya platform ini sudah merilis versi beta ke beberapa pengguna terpilih. Dengan harapan, ada umpan balik setelah mereka menggunakannya.

Nah, beberapa pengguna terpilih menggunakan fitur dark mode WhatsApp ini mengkritik, karena dianggap justru membuat mata menjadi kurang nyaman.

Jurnalis Tach Radar, Cat Ellis mengatakan bahwa dark mode yang ditawarkan oleh WhatsApp ini justru membuat matanya tidak nyaman, bahkan itu dilakukan saat malam hari.

Baca juga: Cara Aktifkan Dark Mode di Whatsapp

Alasannya ketidaknyamanan itu karena dark mode di WhatsApp tidak cukup gelap. Biang keladinya adalah karena background utama aplikasi bukan berwarna hitam, tapi gelap abu-abu kebiruan.



“(Warna) itu memang bagus, tapi di layar AMOLED, Anda butuh background yang benar-benar gelap, agar tidak memakan banyak daya baterai,” ujar Ellis seperti dikutip dari Tech Radar.

Fabian Nappenbach, seorang pakar product marketing di Jerman. Dia mengkiritik dark mode WhatsApp tidak gelap, dan wallpaper terlihat buruk saat mode gelap.

“Sangat disayangkan dark mode di WhatsApp tampak buruk dalam banyak detail. Coba berikan wallpaper yang tidak kelihatan jelek dengan warna gelap. Parahnya, tidak ada opsi yang benar-benar gelap,” tulis Nappenbach.

Selain tidak nyaman, matanya juga cepat lelah karena bubble teks yang warnanya sangat mirip dengan backrgound, membuatnya kesulitan saat membaca pesan.

Emoji yang tetap berwarna kuning saat mode gelap juga dikritik. Ellis mengatakan warnanya kelihatan kurang pas dengan dark mode. Ia berharap kekurangan-kekurangan ini akan diperbaiki saat dark mode versi final diluncurkan untuk semua pengguna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article