home ×
Gadget

Dark Mode Tidak Bikin Hemat Baterai di Ponsel Android

02 August 2021 By
Dark Mode Tidak Bikin Hemat Baterai di Ponsel Android
Share
Share
Share
Share

Ilyustrasi (Foto: Tech Advisor)


Uzone.id - Dark Mode atau mode Gelap pada ponsel Android, khususnya dengan layar berbasis OLED mungkin tidak berdampak besar pada baterai ponsel seperti yang dikira.

Menurut sebuah penelitian baru oleh Universitas Purdue, Mode Gelap hanya memiliki dampak yang signifikan ketika pengguna beralih dari antarmuka cahaya standar ke antarmuka gelap dengan kecerahan mendekati 100 persen.

Namun, di sebagian besar kasus lain di mana kecerahan rata-rata dijaga sekitar 30-50 persen, peralihan ke Mode Gelap hampir tidak menghasilkan peningkatan baterai 3 hingga 9 persen.

Baca juga: Elon Musk Kecam Apple

Untuk mengukur ini, para peneliti melakukan pengujian dengan memilih enam aplikasi yang cukup umum – Kalkulator, Google Maps, dan YouTube di antaranya, dan memilih perangkat seperti Pixel 5 dan Moto Z3 untuk mengujinya.

Tim kemudian merancang alat pengukurnya sendiri yang disebut Per Frame OLED Power Profiler, atau PFOP. Ini tampaknya mengungkapkan bahwa perolehan daya baterai saat beralih dari mode terang ke gelap pada ponsel Android rata-rata pada kecerahan otomatis hanya sekitar 3 hingga 9 persen — sesuatu yang tidak mencerminkan peningkatan besar dalam masa pakai baterai.

Baca juga: Google Rayu Pengguna iPhone Pakai Android

Mengingat bahwa sebagian besar dari kita tidak mungkin menggunakan ponsel pada kecerahan 100 persen setiap saat, ini agak menunjukkan bahwa sebagian besar materi promosi yang menyarankan Mode Gelap menjadi manfaat besar untuk masa pakai baterai tidak sepenuhnya benar.

Seperti dikutip Uzone.id dari My Smart Price, Senin (2/8), agar bisa dimanfaatkan secara luas para peneliti ini tengan menyiapkan tools Android Battery Plus ini sebagai sumber kode terbuka.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id