home ×
Auto

Data Waze Dimanfaatkan untuk Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Selama PSBB

23 July 2020 By
Data Waze Dimanfaatkan untuk Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Selama PSBB
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Waze, yang faedah keseharian ya mamndu mobilitas dari satu tempat ke tempat lain, ternyata juga sangat bisa dimanfaatkan untuk faedah-faedah yang lain.

Terutama saat dunia, termasuk Indonesia, khususnya Jakarta mengalami masa-masa pandemi. Sejumlah kebijakan lalu lintas, diputuskan berdasarkan insight data dari Waze.

Baik itu pembatasan kendaraan dan transportasi umum, sampai pada kebijakan ganjil-genap di Jakarta, yang bekerjasama dengan Jakarta Smart City dan Jabar Digital Services.

BACA JUGA: Israel Ternyata Dijajah SYM dan Kymco

Bekerja di bawah Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, JSC mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya demi membentuk Jakarta menjadi kota yang cerdas.

Serupa dengan JSC, JDS adalah Unit Pelaksana Pengelola Layanan Digital, Data, dan Informasi Geospasial yang beroperasi di bawah Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

JSC dan JDS sendiri merupakan dua dari lebih 1.500 mitra global yang menggunakan data Waze for Cities untuk mengurai kemacetan dan membuat perencanaan keputusan yang lebih baik.

Data lalu lintas dari Waze tersebut dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi kebijakan PSBB sampai keputusan diperpanjangnya PSBB transisi sampai saat ini.

JSC juga menggunakan Waze for Cities Data untuk mengevaluasi kebijakan lalu lintas Ganjil-Genap Jakarta, membantu memonitor titik-titik kemacetan secara semi-automasi, dan menemukan rute yang tidak dijangkau oleh jaringan MRT.

Faedahnya, JSC dapat mengidentifikasi dan merekomendasikan daerah-daerah yang perlu dijangkau oleh TransJakarta atau sistem transportasi umum lainnya, sekaligus memaksimalkan pilihan transportasi umum yang aman selama pandemi.

“Waze for Cities Data membantu kami menanggapi masalah dengan cepat dan membuat keputusan di saat krisis," ujar Setiaji, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Tonton juga VIDEO Test Drive Honda Accord:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 23 July 2020 | 06:59:25

data waze dimanfaatkan untuk rekayasa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article