icon-category Lifestyle

Ini Makanan Khas Solo yang Disuguhkan untuk Tamu Jokowi

  • 08 Nov 2017 WIB
  • Bagikan :

    Tak hanya mengangkat adat Jawa dari sisi prosesi, hidangan yang disajikan kepada tamu undangan dalam acara resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution juga mengangkat makanan tradisional, khususnya makanan khas Solo.

    Salah satunya serabi solo yang disajikan langsung dari wajan. Keluarga Jokowi memang sengaja menghadirkan pembuat serabi ke dalam gedung, sehingga tamu undangan bisa melihat proses pembuatan serabi.

    Selain itu, panganan khas Solo lainnya, Ledre, juga ikut disajikan. Panganan yang terbuat dari beras ketan tersebut memang tak sepopuler serabi Solo, namun rasanya tak kalah lezat.

    Selain itu, disajikan pula aneka jajan pasar yang ditempatkan dalam tampah atau wadah dari anyaman bambu.

    Di dalamnya terdiri dari nagasari, kue lumpur dan sosis solo. Tampak pula kue prol kopyor yang merupakan perpaduam roti tawar dengan kopyor dan agar-agar.

    Sah, Kahiyang Ayu Jadi Istri Bobby Nasution

    Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, resmi menjadi istri Bobby Nasution. Bobby dengan lancar mengucapkan ijab kabul dalam satu tarikan nafas.

    "Saya terima nikah dan kawinnya Kahiyang Ayu Binti Ir H Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai," ucap Bobby, yang sebelumnya tampak tegang.

    Tak hanya Bobby, Presiden Jokowi juga lancar mengucapkan akad menikahkan putrinya. "Saya nikahkan dan jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu Binti Insinyur Haji Joko Widodo dengan Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan emas 80 gram dibayar tunai," ucap Jokowi.

    Pembacaan ijab kabul, diawali pembacaan ayat suci Al Quran dan nasihat nikah untuk kedua mempelai oleh Ketua PBNU Said Agil Siraj dan usai ijab kabul kedua mempelai didoakan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nahsir.

    Ijab kabul dipimpin Kepala KUA Banjarsari, Basir yang bertindak sebagai penghulu. Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menkoperekonomian Darmin Nasution menjadi saksi ijab kabul.

    Sebelumnya dilakukan prosesi pasrah tanampi. Dimana pihak Bobby diwakili oleh Pangkostrad Edy Rahmayadi yang menyerahkan Bobby kepada keluarga Jokowi dan diterima oleh Miyono, paman Jokowi selaku perwakilan pihak keluarga. [Putri Sejati]

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini