icon-category Auto

Deretan Mobil Listrik di KTT ASEAN Summit, Mana yang Termahal?

  • 04 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Ratusan unit mobil listrik dari berbagai merek sedang mengemban tugas negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berjalan di Jakarta pada 5 - 7 September 2023.

Seperti gelaran-gelaran kenegaraan sebelumnya, mobil-mobil listrik pun dikerahkan untuk menjadi kendaraan operasional. Tercatat, ada 4 merek dengan 5 model, diantaranya BMW, Hyundai, Toyota dan juga Wuling.

Totalnya ada 510 unit mobil listrik yang digunakan di KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

Pertama ada BMW i7 yang akan digunakan untuk kepala negara ASEAN. Sebanyak 24 unit BMW i7 akan digunakan untuk menyambut kepala negara anggota ASEAN. Mobil ini dijual seharga Rp3,4 miliar di Indonesia.

alt-img

BMW i7 memang diciptakan sebagai mobil listrik mewah dari BMW yang sudah diproduksi lokal di Sunter, Jakarta Utara. BMW i7 hadir dengan penampilan modern, mewah, dan teknologi mutakhir.

BMW i7 menawarkan kenyamanan tak tertandingi dan mengubah setiap perjalanan menjadi pengalaman lounge eksekutif. Selain itu, i7 menampilkan inovasi serba elektrik, desain visioner, dan dinamika berkendara yang bertenaga.

Tipe yang dipakai adalah BMW i7 xDrive60 Gran Lusso dengan teknologi BMW eDrive generasi kelima dan memungkinkan untuk pengisian daya 10-80 persen dalam 34 menit saja dengan 195 kW (DC, fast-charging station).

Dengan output maksimum 400 kW / 544 hp dan torsi hingga 745 Nm dari kedua mesin elektrik di depan dan belakang, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4,7 detik.

Dengan kapasitas baterai bersih 101.7 kWh, jarak maksimum yang dapat ditempuh adalah antara 590 - 625km, tergantung setiap pengendara. BMW i7 juga sudah dilengkapi dengan Executive Drive Pro.

Selanjutnya ada Hyundai Ioniq 6 yang baru saja diluncurkan di GIIAS 2023. Hyundai membanderol Ioniq 6 seharga Rp1,197 miliar.

alt-img

Total ada 52 unit Hyundai Ioniq 6 sebagai kendaraan untuk pasangan para delegasi dan kendaraan cadangan VVIP.

Selain Ioniq 6, Hyundai Ioniq 5 juga ikut digunakan sebagai kendaraan protokol keamanan. Sebanyak 208 unit Hyundai Ioniq 5 dikerahkan pada KTT ASEAN ini. Mobil ini dijual dengan harga mulai dari Rp738 juta.

alt-img

Kemudian ada Toyota bZ4X sebanyak 76 unit. Mobil listrik Toyota itu akan digunakan sebagai kendaraan menteri dan pejabat senior. Toyota membanderol mobil listrik ini seharga Rp1,19 miliar.

alt-img

Terakhir, ada Wuling Air ev yang telah mendapatkan livery khusus KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta. Akan ada sebanyak 150 unit Wuling Air ev pada KTT ASEAN ini. Mobil listrik mungil tersebut akan menjadi kendaraan operasional. 

alt-img

Wuling Air ev jadi yang termurah yang dijual di Indonesia. Saat ajang GIIAS 2023 lalu, Wuling meluncurkan versi Lite dari Air ev dengan banderol hanya seharga Rp188 jutaan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini