icon-category Gadget

Desain iPhone SE Terbaru Bakal Berubah, Tapi Masih Ketinggalan Zaman

Ilustrasi iPhone SE 2024 (Foto: Pocketlint)

Uzone.id - Gak cuma iPhone 14 Series saja yang jadi jagoan Apple untuk smartphone kelas premium, iPhone SE terbaru pun dipersiapkan untuk bersaing di market kelas menengah. Dari bocoran yang beredar, iPhone SE generasi terbaru ini akan berubah tampilan dan tak terlihat jadul lagi.

Dikutip dari GSMArena, iPhone SE terbaru nantinya akan didesain mirip seperti iPhone XR. Buat kalian yang mungkin lupa, iPhone XR merupakan ‘iPhone murah’ yang dirilis Apple pada 2018 silam.

Tentu ini ubahan yang ‘signifikan’, walau jika dibandingkan dengan ponsel Android, desainnya sudah ketinggalan zaman. iPhone SE 2022 yang tampil dengan bezel tebal di atas dan bawahnya, bakal tampil dengan desain ‘berponi’ dengan ukuran notch yang lebar.

Sama halnya, notch ini menjadi tempat bagi komponen TrueDepth Camera untuk keperluan Face ID. Itu artinya, kemungkinan besar Apple akan menghilangkan Touch ID pada iPhone SE generasi terbaru.

Hanya saja, belum jelas kapan iPhone SE dengan desain terbaru ini akan melenggang resmi. Kalau sesuai timeline atau kebiasaan Apple, mungkin saja iPhone SE terbaru itu akan diluncurkan pada 2024 mendatang.

Baca juga: Wujud iPhone 14 Pro Max dengan Warna Baru, Jadi Lebih Gelap

Alasannya, iPhone SE 2022 saja dirilis pada awal tahun ini atau sekitar 2 tahun setelah iPhone SE 2020. Jika demikian, kalian yang mengincar iPhone harga murah ini harus bersabar setidaknya 2 tahun lagi.

Namun jika prediksi ini benar terjadi, iPhone SE terbaru itu akan benar-benar ketinggalan zaman. Desain yang diusungnya sudah berusia enam tahun dan mungkin akan jauh tertinggal ketimbang ponsel Android kelas menengah yang modelnya sudah bervariasi.

iPhone 14 Pro punya kamera ultrawide lebih baik

Menjelang acara Apple Event yang dipastikan berlangsung pada 7 September nanti, berbagai bocoran terus berkembang, terutama terkait dengan iPhone 14 Series. iPhone 14 Pro misalnya, dikabarkan bakal membawa upgrade pada konfigurasi kameranya.

Dari bocoran yang beredar, smartphone ini akan mengusung kamera ultrawide dengan ukuran pixel yang lebih besar, tepatnya 1.4μm. Ukurannya lebih lebar ketimbang iPhone 13 Pro yang berukuran 1 μm.

Baca juga: Apple Event Digelar 7 September, Bakal ada iPhone 14 dan Apple Watch 8

Upgrade ini tentu bikin kualitas kamera jauh lebih baik, tapi sayangnya berdampak pada harganya yang kian mahal. Dikabarkan, upgrade pada spesifikasi kamera membuat iPhone 14 Pro dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Apalagi, sensor kameranya dibuat oleh Sony yang biasanya disematkan pada ponsel kelas high-end hingga flagship di Android. Kita tunggu saja kepastian bocoran ini pada Apple Event mendatang ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini