icon-category Lifestyle

Desainer Asia yang Paling Diperbincangkan Dunia

  • 14 Sep 2017 WIB
Bagikan :

André Fu adalah desainer-arsitek lulusan dari University of Cambridge pada tahun 2000 dan mendirikan biro desainnya bernama AFSO di London.
Andre Fu lahir di Hong Kong, besar di London sejak umur 14 tahun, dan akhirnya kembali lagi ke Hong Kong sejak tahun 2004 untuk memantapkan karirnya. Awal tahun ini, Fu dicanangkan sebagai Designer of The Year di Maison & Objet (M&O) Asia

The Opus Suite, The Berkeley London
The Opus Suite, The Berkeley London

sketsa The Cube COS, Hong Kong 2015
sketsa The Cube COS, Hong Kong 2015

Louis Vuitton Apartment
Louis Vuitton Apartment

Fueguia - Lasvit
Fueguia - Lasvit

The Opus Suite, The Berkeley London
The Opus Suite, The Berkeley London

Tidak sedikit orang berpikir bahwa gaya desain Fu pasti menggabungkan sentuhan barat dan timur. Namun saat bertatap muka di wawancara privat, Fu tersenyum sebelum menanggapi pernyataan ini.

“Asian invasion? Sebenarnya saya tidak berpikir demikian, semua terjadi tanpa memaksakan harus menggabungkan dua kubu. Karena saya mengekspos budaya yang berbeda sejak usia muda, saya menjadi lebih terbuka akan perbedaan dan bisa menavigasi sendiri saya antara budaya timur dan barat."

Karya yang paling ia banggakan dan berkesan adalah Kioku, restoran Jepang di Hotel Four Season di Seoul, Korea Selatan. Restoran ini memiliki double height setinggi tujuh meter dengan permainan material bambu yang menawan. Fu berkolaborasi dengan seniman Jepang, Muramoko Shingo yang membuat serangkaian daun dipernis warna jingga yang menyala. Instalasi ini seperti daun menari-nari di ketinggian.

Selain sebagai desainer interior dan arsitek, Fu juga meluncurkan brand produknya sendiri bernama Andre Fu Living (AFL). Atas nama brand ini, ia bekerja sama dengan Lasvit dalam perancangan Tac/Tile pendant lamp, Tai Ping untuk beberapa koleksi karpetnya, Fueguia yang menciptakan harumnya parfum bernama Fargesia, serta brand bathroom fittings dari Amerika, Cooper & Graham untuk koleksi Skyliner.

Pada musim panas tahun ini, Fu akan segera menyelesaikan proyek spa, restoran, dan bar di  Château La Coste berlokasi di Provence, Prancis.

Foto oleh AFSO dan M&O Asia

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Tags : Design Desainer 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini