icon-category Telco

Desas-Desus Starlink ke Indonesia, Masuk Awal Tahun 2024?

  • 16 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Kabar kehadiran jaringan internet satelit milik Elon Musk ‘Starlink’ ke Indonesia ramai dibicarakan semenjak beberapa waktu lalu. 

Tak bisa dipungkiri kalau Starlink bisa jadi ancaman serius bagi operator seluler lokal apabila benar-benar hadir untuk masyarakat Indonesia. Saat ini, internet satelit Starlink sebenarnya sudah digunakan beberapa operator seluler, beberapa diantaranya adalah Telkomsat dan Smartfren.

Namun, penggunaan jaringan Starlink ini digunakan untuk B2B atau Business-to-Business dan bukan untuk masyarakat Indonesia secara per seorangan (B2C).

Belum diketahui apakah benar Starlink akan hadir di Indonesia atau tidak, namun beberapa gosip soal internet satelit milik Elon Musk berikut ini ramai dibicarakan warganet Indonesia.

Bakal jualan ke masyarakat Indonesia?

Setelah menjangkau B2B lewat Telkomsat dan Smartfren, Elon Musk berencana untuk menjual jaringan internet Starlink mereka secara langsung ke masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur jenderal Penyelenggara Pos Informatika (Dirjen PPI) Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto beberapa waktu lalu.

Mengutip berbagai sumber, Wayan membenarkan kalau Starlink berencana untuk memberikan layanan langsung ke pasar ritel di Indonesia.

Namun, Wayan menekankan kalau Starlink harus mengurus induk berusaha (NIB) yang diterbitkan lembaga OSS apabila ingin memberi layanan langsung ke ritel.

Starlink juga harus membangun Network Operations Center (NOC), mengambil uji laik operasi (ULO), mengantongi izin service provider (ISP) dan Network Access Point (NAP), izin komersial dan jaringan tetap tertutup satelit.

Enggan rekrut pegawai Indonesia

Elon Musk memang berniat untuk berbisnis di Indonesia lewat Starlink, namun uniknya milyader yang juga pemilik dari aplikasi X (dulu Twitter) ini kabarnya tidak ingin merekrut pegawai asal Indonesia.

Padahal, pihak Starlink dan Kominfo katanya sudah bertemu untuk membahas penyediaan layanan internet ke warga RI. Bahkan, Starlink kabarnya sudah membentuk perusahaan bernama PT Starlink Services Indonesia.

Starlink disebut hanya ingin beroperasi di Indonesia seperti aplikasi OTT, dimana pihaknya tidak ingin merekrut pegawai lokal saat beroperasi di Indonesia. 

Masalah ini tentu menjadi ‘tugas rumah’ pihak Starlink, karena pemerintah sendiri khususnya Menteri Kominfo menegaskan kalau perusahaan harus mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Masuk ke Indonesia Tahun 2024?

Setelah ramai digosipkan akan hadir di Indonesia dan membuat operator seluler khawatir, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menyebut kalau Starlink akan hadir di Indonesia pada tahun 2024 nanti.

Budi mengungkapkan kalau Starlink akan beroperasi pada awal tahun 2024 dan menggunakan IP Address dari Indonesia. Elon Musk juga kabarnya akan mengunjungi Indonesia pada bulan Oktober ini untuk membahas hal tersebut.

Sudah menyatakan akan masuk ke Indonesia, Budi menegaskan kalau Starlink tidak akan mendapat perlakukan khusus dan akan diperlakukan sama oleh pemerintah Indonesia. Beberapa hal yang harus dipenuhi Starlink sebelum resmi masuk ke Indonesia adalah wajib menggunakan IP Address Indonesia dan diharapkan menyerap pegawai lokal di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini