Telco

Di Area Terpencil, Bandwidth Transmisi Downlink XL Axiata Hingga 106 Mbit/detik

  • 03 October 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - XL Axiata mengaku telah menemukan cara untuk bisa menghadirkan internet cepat di area-area terpencil di Indonesia. Dalam uji coba yang dilakukan beberapa waktu lalu, mereka mengklaim bisa menghadirkan Bandwidth transmisi downlink mendukung hingga 106 Mbit/detik.

    XL Axiata menyebut jika dalam uji coba kemarin, mereka menggunakan solusi broadband nirkabel dari Huawei, bernama Huawei RuralStar Pro. Salah satu fitur utamanya adalah LTE for backhaul.

    Baca juga: 70 Desa Sekeliling Danau Toba Telah Diselimuti 4G XL Axiata

    "Setelah proses instalasi RuralStar Pro selesai dilakukan, backhaul LTE dapat terhubung secara otomatis ke situs host. Selama uji coba, jarak antara stasiun relay dengan lokasi host sekitar 31 kilometer. Bandwidth transmisi downlink mendukung hingga 106 Mbit/detik, yang memenuhi persyaratan bandwidth L900," ujar Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangannya, kemarin.

    Menurut I Gede Darmayusa, Uji coba telah dilakukan di Kalimantan dan terbukti dapat menjadi solusi untuk memperluas koneksi broadband ke daerah-daerah terpencil, di mana selama ini sering terkendala dengan persoalan terkait akses backhaul yang terbatas.

    Huawei RuralStar Pro, lanjut Gede, menghadirkan terobosan pada desain radio base station dengan kemampuan mengintegrasikan baseband, perangkat pemancar radio, dan sekaligus LTE for backhaul nirkabel, pada satu modul. Dengan konsep LTE for backhaul ini spektrum operator yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan akses radio perangkat pengguna atau radio akses dapat digunakan juga untuk menyediakan akses antar radio base station (backhaul).

    Fitur ini mampu menekan biaya sewa transmisi yang mahal yang sebelumnya perlu dikeluarkan operator seperti pada penggunaan microwave dan satelit.

    Baca juga: 4G XL Axiata Selimuti 82 Persen Desa di Rokan Hulu

    Diklaim Huawei, RuralStar telah diterapkan di lebih dari 60 negara, dan mampu membantu menyediakan konektivitas bagi lebih dari 50 juta orang di komunitas pedesaan. Seri RuralStar Pro ini telah mendapatkan pengakuan sebagai Best Mobile Innovation for Emerging Markets di ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2021 yang berlangsung di Barcelona, ​​Spanyol.