icon-category Telco

Diam-diam, Smartfren Ternyata Sudah Terjun ke Layanan FMC

Uzone.id - Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison sudah menyediakan layanan berbasis fixed mobile convergence (FMC) di Indonesia. Lalu, Smartfren kapan nih?

Rupanya, Smartfren sudah sejak lama menggelar layanan FMC ke pasaran. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys dalam konferensi pers paparan publik RUPST pada Jumat (24/11).

“Sebetulnya tanpa rame-rame, dari sebelum ini kita sudah membuat satu FMC namun baru terbatas di enterprise,” klaim Merza, saat ditanya tim Uzone.id dalam sesi tanya-jawab.

Lebih lanjut, layanan FMC Smartfren tersebut banyak digunakan oleh korporasi. Layanan tersebut di-bundling bersama dengan layanan seluler bagi para karyawan perusahaan terkait.

“Kabel dan seluler untuk seluruh karyawan dengan pola yang sama dengan FMC,” terangnya.

Kendati begitu, ia pun tak menutup kemungkinan bagi Smartfren untuk meluncurkan layanan FMC untuk rumah-rumah maupun ritel. Sedikit teaser diberikan oleh Merza, kemungkinan layanan FMC dari Smartfren akan dirilis pada tahun depan.

“Kecenderungan sekarang kawan-kawan (operator lainnya) kita lihat masuk ke rumah-rumah atau ritel istilahnya,” ucap Merza.

“Maka sebentar lagi pun kita akan ikut. Tinggal sebulan lagi (tahun 2023 usai), soon,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, FMC atau fixed mobile convergence sendiri merupakan penggabungan layanan seluler dan fixed broadband yang memungkinkan pengguna akan terus terhubung dimanapun.

Penyedia jaringan telekomunikasi di Indonesia saat ini sedang gencar-gencarnya memperkenalkan layanan-layanan FMC mereka. Mulai dari XL Axiata dengan nama XL Satu, Indosat Ooredoo dengan HiFi, dan terbaru ada IndiHome yang melebur dengan Telkomsel.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini