Home
/
Lifestyle

Diaspora Indonesia Promosikan Kopi dan Batik

Diaspora Indonesia Promosikan Kopi dan Batik
Republika06 October 2016
Bagikan :
Preview


Diaspora Indonesia yang berada di Amerika Serikat (AS) mempromosikan kopi dan batik dalam Festival Made in Indonesia (MII) yang diselenggarakan pada 2 Oktober 2016, di Silver Spring, Washington DC, AS.

"Diaspora Indonesia terlibat aktif dalam promosi produk Indonesia di Amerika Serikat. Hal ini sangat penting untuk memperkuat kehadiran produk-produk Indonesia di sini," kata Atase Perdagangan untuk Washington DC Reza Pahlevi Chairul, dalam keterangan tertulis yang diterima, di Jakarta, Kamis (6/10).

Atase Perdagangan untuk Washington DC bersama segenap fungsi di KBRI Washington DC dan diaspora Indonesia menggelar festival tahunan Made in Indonesia. Festival tahun ini digelar bertepatan dengan momentum peringatan Hari Kopi Internasional dan Hari Batik.

Festival MII tahun 2016 mengusung tema 'Indonesian Coffee and Batik to the World' dan melibatkan banyak diaspora Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di Amerika Serikat seperti Washington DC, Maryland, Virginia, New York, dan Chicago.

Para diaspora tersebut diajak meramaikan festival MII dengan menjual kopi Indonesia, kain batik dan tenun, serta perhiasan. Kehadiran diaspora untuk berpromosi membuat produk-produk Indonesia direspons hangat, terutama oleh pengunjung festival dari Washington DC, Maryland, dan Virginia.

Transaksi selama festival diperkirakan mencapai 25 ribu dolar AS, di mana cold brew coffee Sumatra sangat diminati oleh pengunjung. Selain itu, produk perhiasan dan sepatu batik untuk wanita juga banyak diminati karena desainnya yang menarik.

Festival MII diharapkan dapat memotivasi diaspora Indonesia dalam berbagai kegiatan promosi dan aktivitas kewirausahaan, serta diharapkan mampu memperkuat promosi produk-produk Indonesia. "Keterlibatan diaspora ini dapat mendorong lahirnya wirausahawan baru, khususnya untuk produk Indonesia di AS. Para diaspora juga dapat menjadi importir baru untuk mendukung ekspor Indonesia ke AS," kata Reza.

Festival MII digelar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia di wilayah AS, terutama di Washington DC, Maryland, dan Virginia (DMV). Acara yang digelar memasuki tahun kelimanya di tahun 2016, selain memamerkan produk-produk Indonesia, juga memperkenalkan budaya Indonesia antara lain melalui tarian daerah, musik, dan pagelaran busana.

Untuk memperkenalkan makanan dan minuman Indonesia, KBRI Washington DC menggelar sesi gratis mencicipi kopi, coklat organik, dan berbagai produk makanan ringan Indonesia. Kopi yang disediakan antara lain jenis single origin yaitu Sumatra Purbatua, Sulawesi Toraja, dan Aceh Gayo.
populerRelated Article