icon-category Gadget

Dibanderol Rp51 Juta, Headset Apple Vision Pro Suguhkan Mixed Reality

Dibanderol Rp51 Juta, Headset Apple Vision Pro Suguhkan Mixed Reality

Uzone.id - Sesuai prediksi, gadget mixed reality diluncurkan Apple di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023. Adalah Apple Vision Pro, perangkat spatial computer yang memadukan konten digital dengan dunia nyata secara mulus.

Bentuknya mirip seperti kacamata ski, tapi disertakan dengan inovasi yang mutakhir. Perangkat ini gak butuh kontroler khusus, tapi bisa dikendalikan dengan mudah oleh mata, tangan, dan suara.

Disertakan juga tombol pengaturan khusus yang membuat pengguna bisa beralih secara seamless beralih antara dunia AR (augmented reality) dan VR (virtual reality).

Apple benar-benar serius merancang perangkat mixed reality mereka. Vision Pro dibuat menggunakan material aluminium yang ringan. Tersedia tiga ukuran headband yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kepala pengguna.

alt-img

Material yang digunakannya diklaim lembut dan nyaman. Sementara di bagian ikat kepalanya, terdapat sepasang pod audio driver yang menyuguhkan audio spasial agar pengguna semakin ‘tenggelam’ di realitas mereka.

Ringan dan nyaman memang jadi konsep utama Apple saat merancang Vision Pro. Makanya, untuk mengurangi bobot headset mixed reality ini, baterainya dibuat terpisah. Baterai eksternal ini dapat terhubung ke headset menggunakan kabel.

Berjalan di visionOS

alt-img

Vision Pro menggunakan sistem operasi baru bernama visionOS. Apple mengklaimnya sebagai, “OS spasial pertama di dunia.”

Sistem operasi ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten digital yang di-blend dengan dunia fisik mereka secara real-time. Seperti Tony Stark yang mengakses berbagai pekerjaan di layar virtual di depan matanya, pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi yang akan ditampilkan secara langsung di dunia nyata mereka.

Ekosistem aplikasinya sejauh ini masih terbatas, namun Apple tengah mengembangkan App Store khusus untuk Vision Pro sebagai cara baru untuk mengunduh aplikasi berbasis AR dan VR ke perangkat.

Yang menarik, Vision Pro juga jadi cara baru untuk menghubungi seseorang via FaceTime. Beneran seperti film-film fiksi, sambil asyik menelpon, pengguna bisa melakukan hal lain, seperti nonton film, melihat foto, mengakses berbagai macam presentasi, sampai bekerja menggunakan Magic Keyboard dan Trackpad.

Kinerja yang seamless ini tak terlepas dari spesifikasi mentereng yang diberikan oleh Apple. Vision Pro disematkan dual-screen berjenis micro-OLED dengan resolusi 4K. Dapur pacunya pun menggunakan chip R1 dan Apple M2, yang diklaim memberikan performa lag free kepada pengguna.

Main game puas!

alt-img

Bukan cuma bisa untuk nonton film saja, Apple Vision Pro juga bikin pengguna bisa bermain ratusan game berbeda di layar virtual dengan lebar sampai 100 kaki atau sekitar 30-an meter!

Lebih dari 100 game berbeda tersedia di Apple Arcade. Kalaupun belum puas, Apple Vision Pro juga bisa terhubung ke konsol PS5 untuk memberikan pengalaman gaming yang makin imersif, berkat dukungan terhadap kontroler DualSense.

Selain itu, Apple juga mengumumkan kemitraannya dengan Disney untuk menghadirkan cara baru untuk menonton Disney+.

Fitur lainnya, Apple Vision Pro disertakan kamera 3D yang bisa digunakan untuk mengabadikan berbagai momen spasial. Terkait foto maupun video, Vision Pro dapat terhubung ke galeri di iCloud untuk melihat foto dan video dalam detail yang imersif.

Kemudian, ada sistem keamanan Optic ID yang menggunakan iris mata untuk membuka kunci dan masuk ke perangkat Vision Pro. Informasi iris ini dienkripsi sepenuhnya, dan hanya disimpan lokal di memori perangkat saja.

Harga dan ketersediaan

Apple Vision Pro mulai di jual di Amerika Serikat (AS) dengan harga USD3.499 atau Rp51,4 jutaan. Perangkat ini akan tersedia mulai awal tahun depan di situs resmi Apple ataupun Apple Store, dan akan tersedia di banyak negara pada akhir tahun 2024.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini