icon-category Digilife

Dibanding Facebook dkk, TikTok Lebih Dipercaya Untuk Cari Berita

  • 30 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Solen Feyissa/Unsplash

Uzone.id - Tak hanya jadi platform video pendek, fungsi TikTok ternyata semakin meluas menjadi tempat untuk mencari informasi dan berita. 

Dalam survei terbaru dari Pew Research Center, TikTok dan Instagram adalah platform yang mengalami peningkatan soal pencarian informasi atau berita. Banyak pengguna mencari informasi lewat dua platform ini.

Apalagi saat ini orang-orang lebih menyukai informasi yang dibalut dengan cara yang lebih seru, salah satunya video pendek. Terlebih TikTok biasanya menyediakan informasi yang sudah dirangkum dalam durasi yang lebih singkat.

Baca juga: Setelah Resmi Jadi Bos Twitter, Elon Musk Bakal Ngapain?

Di dua tahun terakhir, penggunaan TikTok sebagai sumber berita semakin meningkat dari 22 persen menjadi 33 persen. Sementara Instagram hanya naik satu persen saja dari 28 persen ke 29 persen.

Walaupun TikTok banyak digunakan untuk mencari informasi atau berita, tapi pengguna perlu mempertimbangkan kenyataan terkait kualitas dan kebenaran berita tersebut. Karena, tak sedikit informasi yang dibagikan berasal dari sumber yang dipertanyakan.

Melansir Mashable, hal ini tak mengherankan karena usia 18 hingga 29 tahun merupakan kelompok yang paling banyak bergabung ke TikTok untuk mencari informasi. Survey sebelumnya juga menunjukkan kalau TikTok menjadi ‘alternatif’ mesin pencari untuk generasi muda.

Baca juga:  Akhirnya, Jadi Juga Elon Musk Beli Twitter

Kepercayaan pengguna terhadap Facebook semakin menurun karena banyaknya misinformasi dan algoritma berbahaya di platform. Apalagi sekarang Facebook dianggap sebagai aplikasi kuno yang digunakan oleh pengguna yang lebih dewasa.

 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini