home ×
Digilife

Dibandingkan Negara Lain, Warga Indonesia No.1 Urusan Belanja Online

17 March 2021 By
Dibandingkan Negara Lain, Warga Indonesia No.1 Urusan Belanja Online
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh We Are Social terkait perilaku digital masyarakat global selama 2020 dan awal 2021, pengguna internet secara global meningkat sebanyak 316 juta pengguna. Peningkatan ini mencapai 7,3 persen jika dibandingkan tahun lalu.

e-Commerce menjadi salah satu industri yang mengalami peningkatan sangat signifikan. Ini menunjukkan perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan online marketplace sebagai tempat mereka berbelanja barang keperluan mereka.

Peningkatan angka e-Commerce ini terjadi karena perubahan gaya hidup masyarakatnya selama pandemi COVID-19, yang menyebabkan masyarakat lebih memilih belanja tanpa harus keluar rumah. Secara global, penggunaan e-Commerce oleh pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun mencapai 77 persen.

Baca juga: Mungkinkah Galaxy Note Mati?

Dari survey yang dilakukan oleh GWI, pengguna internet Indonesia menjadi negara yang banyak melakukan transaksi belanja online. Dari total pengguna internet di Indonesia, sebanyak 87 persennya melakukan pembelian online sampai akhir 2020. Sedangkan transaksi paling sedikit atau sekitar 56,6 persen, berasal dari Mesir.

Laporan dari Statista menunjukkan bahwa secara global pengguna internet banyak melakukan transaksi pada kategori Fashion and Beauty, menggeser kategori Travel yang justru menurun lebih dari 50 persen. Kategori Food and Personal Care mengalami peningkatan yang paling cepat, sebagai imbas dari masa lockdown COVID-19 yang membuat masyarakat memilih berbelanja bahan makanan secara online.

Baca juga: Chess.com Sebut Dewa Kipas Diblokir karena Curang

Yang menarik, baby boomers tidak terlalu suka berbelanja online. Pengunjung e-Commerce rata-rata dipenuhi oleh Gen-Z dan millenial pengguna internet. Namun wanita pengguna internet berusia 55 sampai 64 tahun lebih suka berbelanja online ketimbang pria berusia 16 sampai 24 tahun.

Diketahui, di awal 2021, tercatat jumlah penduduk dunia mencapai 7,83 miliar. PBB menyebut jumlah populasi warga dunia naik 1 persen setiap tahun. Ini artinya, dalam setahun di 2020, jumlah penduduk di seluruh dunia bertambah 80 juta orang.

Dari total populasi, sebanyak 66,6 persen warga menggunakan ponsel. Sedangkan pengguna internet di seluruh dunia mencapai angka 4,66 miliar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article