Digilife

Dibobol Hacker, Data Gaji Kreator Twitch Bocor ke Publik

  • 08 October 2021
  • Bagikan :

    Foto: Caspar Camille Rubin/Unsplash

    Uzone.id - Salah satu platform streaming online Twitch mengalami peretasan yang menyebabkan data-datanya bocor ke permukaan.

    Dikutip dari The Verge, data sebesar 125GB tersebut diunggah oleh hacker anonim pada forum 4chan dan diklaim mencakup keseluruhan Twitch beserta commit history nya. 

    Para hacker menyebutkan peretasan ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak gangguan persaingan di industri streaming video online.

    Baca juga: 1 Dekade Berjalan, Acara Akhir Tahun YouTube Rewind Resmi Ditiadakan

    Kabar kebocoran ini telah dikonfirmasi langsung oleh pihak Twitch dalam akun Twitter resminya pada Rabu, 6 Oktober 2021.

    Kami mengonfirmasi bahwa telah terjadi kebocoran data. Tim kami bekerja dengan cepat untuk mengetahui sejauh mana hal ini terjadi. Kami akan memberikan update sesegera mungkin setelah informasi lebih lanjut tersedia. Terima kasih telah menemani kami,” tulisnya.

    Adapun data yang dibocorkan oleh para peretas adalah data-data internal, diantaranya source code klien, rincian produk dan platform baru yang belum dirilis dari Amazon Game Studios, alat keamanan internal hingga detail gaji para kreator selama tiga tahun ke belakang dari 2019 hingga 2021.

    Baca juga: Pandemi Bikin Orang Kaya di AS Makin Tajir, Harta Naik 40 Persen

    Kendati demikian, data yang bocor ini tidak memiliki informasi terkait akun, kata sandi serta alamat dari para kreator. Namun, para kreator tetap dihimbau untuk segera mengubahnya sebagai langkah antisipasi.

    Menurut data tersebut, beberapa streamer terkenal seperti Dungeons & Dragons, CriticalRole, xQC Kanada serta Summit1g menjadi streamer dengan penghasilan tertinggi di platform tersebut.

    Data 125GB ini diberi label sebagai ‘part one’, hal ini menunjukkan kemungkinan bahwa masih ada data lain yang masih dimiliki peretas namun belum dibocorkan ke publik.

    Baca juga: Marak Serangan Kebencian, Kreator Kompak Boikot Twitch

    Twitch telah mengambil tindakan dengan melakukan analisa serta menyarankan untuk menyetel ulang seluruh stream keys bagi para kreator dan pengguna sebagai langkah perlindungan.