icon-category Travel

Dieng Bersalju Seperti Eropa, Suhunya Sampai -5 Derajat

  • 26 Jun 2019 WIB
  • Bagikan :

    (Foto: Twitter)

    Uzone.id - Beberapa hari ini, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, seperti Eropa. Dieng mengalami fenomena frost atau embun beku yang menyerupai salju.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitternya, menulis, “Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan fenomena yang normal.”

    Masih menurut BMKG, kondisi suhu dingin tersebut akan lebih terasa dampaknya seperti di wilayah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) ataupun daerah pegunungan lainnya dimana pada kondisi ekstrim dapat menyebabkan terbentuknya embun beku atau frost.

    Pada 2018, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, fenomena alamiah ini terjadi setiap tahun di Pegunungan Dieng.

    Sutopo mengatakan itu di akun Twitternya. Lebih lanjut, ia menulis, “Masyarakat Dieng menyebut embun upas karena racun bagi tanaman pertaniannya. Terjadi selama Juli-Agustus saat puncak kemarau. Air dan embun pagi membeku.”

    Suhu pagi di Bukit Sikunir Desa Sembungan Kabupaten Wonosobo ketika itu berkisar pada minus lima derajat Celsius. Sotopo juga menyampaikan, air kran pun membeku.

    BMKG memprediksi potensi kondisi suhu dingin seperti ini masih dapat berlangsung selama periode puncak musim kemarau, Juni-Juli-Agustus, terutama di wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara.

    Kini, warganet beramai-ramai membagikan foto Dieng bersalju di media sosial.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini