home ×
Telco

Dikabarkan Lulus ULO, Kapan Indosat Gelar 5G?

09 June 2021 By
Dikabarkan Lulus ULO, Kapan Indosat Gelar 5G?
Share
Share
Share
Share

 Foto: dok. Indosat Ooredoo

Uzone.id -- Setelah Telkomsel berhasil ‘pecah telor’ dengan mengkomersialkan 5G di Indonesia, operator berikutnya yang dinantikan untuk menyusul adalah Indosat Ooredoo.

Indosat selama ini dipercaya telah menggelar Uji Layak Operasi (ULO) 5G sejak tanggal 3-4 Juni lalu. Hal ini kemudian dikatakan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi bahwa perusahaan telah lolos ULO di pita frekuensi 1.800 MHz.

"Kominfo sedang memproses SKLO [Surat Keterangan Laik Operasi] dari Dirjen PPI atas nama Menkominfo,” tutur Dedy dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

Baca juga: 3 Hal yang Diuji Operator Saat ULO 5G

Sementara dari pihak Indosat tampak masih malu-malu untuk membeberkan mengenai ULO dan rencana komersialisasi 5G.

“Saat ini Indosat Ooredoo terus berkoordinasi intensif dengan Kemenkominfo untuk seluruh proses ULO 5G,” ucap Steve Saerang SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo saat dihubungi Uzone.id, Rabu (9/6).

Seperti yang sudah diberitakan, tahap ULO menjadi syarat wajib bagi operator seluler sebelum menggelar 5G secara komersial di Indonesia, karena setiap terjadinya penambahan kapasitas dan perluasan lokasi atau realokasi yang mengalami perubahan teknologi perlu dilakukan ULO.

Ada beberapa hal yang dilihat dalam proses ULO, yakni kesesuaian sertifikat perangkat, uji sistem dan kesesuaianya dengan teknologi seluler lain yang dimiliki penyelenggara, dan jasa teleponi dasar dan jasa multimedia layanan akses internet pada jaringan mobile broadband yang dimiliki penyelenggara.

Baca juga: Telkomsel Serentak Rilis 5G di Balikpapan, Medan dan Surakarta

Sebelumnya Telkomsel secara perdana menggelar 5G di Indonesia pada 27 Mei 2021 di beberapa titik di Jakarta dan Tangerang Selatan. Kehadiran 5G Telkomsel menjadi bukti bahwa mereka senantiasa menjadi operator terdepan untuk memberikan layanan digital, termasuk dengan kehadiran layanan 5G pertama di Indonesia secara komersial.

Setelah itu, Telkomsel memperluas cakupan 5G ke berbagai kota di Indonesia, seperti Surakarta, Balikpapan, hingga Medan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya bertahap yang dilakukan Telkomsel dalam melakukan percepatan pengembangan teknologi jaringan 5G dan menghadirkan berbagai produk, layanan, serta solusi digital yang lebih inovatif dan customer-centric.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id