icon-category Digilife

Diminta Pulang oleh Jokowi, Ini Prestasi Ainun Najib di Bidang IT

  • 09 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Ainun Najib (Dok. Instagram @Ainunnajib.id)

    Uzone.id - Nama Ainun Najib menjadi perbincangan hangat setelah Presiden RI Joko Widodo menyebut namanya dan memuji prestasi sosok tersebut dalam acara sambutan Pengukuhan PBNU 2022-2027 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, (31/01/2022).

    Ainun Najib yang kini bekerja di Singapura sebagai praktisi di bidang IT menjadi sorotan setelah diminta secara khusus oleh Presiden RI Joko Widodo untuk pulang ke Indonesia.

    Ternyata, Ainun Najib memiliki segudang prestasi di bidang teknologi yang membuat Presiden RI tertarik dan memintanya kembali ke Indonesia.

    Berikut beberapa prestasi Ainun Najib di bidang IT yang membuat Jokowi memintanya untuk pulang kampung ke Indonesia untuk mengembangkan teknologi dalam negeri.

    Ainun Najib merupakan lulusan Teknik Komputer Universitas Teknologi Nanyang di Singapura. Saat ini, ia bekerja sebagai Head of Analytic, Platform and Business Regional Grab Singapura.

    Baca juga: Andalkan Teknologi Flagship, realme 9 Pro Siap Obrak-abrik Pasar Menengah

    Setelah lulus dari kuliahnya, Ainun bergabung sebagai Software Engineer di IBM Singapura. Ia juga termasuk dalam salah satu inisiator untuk beberapa website di Indonesia, seperti berikut ini:

    1. KawalPemilu

    Situs KawalPemilu menjadi situs perhitungan cepat Pemilihan Umum 2014 yang banyak mendapat atensi pada saat itu. Salah satu penggagas dari situs ini adalah Ainun Najib. 

    KawalPemilu menjadi situs yang mencuri banyak perhatian karena kesuksesannya membagikan hasil pemungutan suara secara cepat hanya dalam waktu 3 hari dan memiliki hasil yang beda tipis dari perhitungan manual KPU.

    Dari lima pendiri KawalPemilu, Ainun Najib merupakan salah satu inisiator yang membuat situs ini, bersama dengan kawan-kawannya yang tinggal di negara berbeda.

    2. KawalAPBD

    Ainun juga berada dibalik situs KawalAPBD.org yang menjabarkan rencana APBD pihak pemerintah provinsi dan DPRD Jakarta. Situs ini hadir di tengah sengketa APBD DKI Jakarta 2021. Ia menggagas situs ini bersama dengan rekannya, Pahlevi Fikri Auliya.

    BACA JUGA: OPPO Reno7 5G Usung Teknologi Laser Direct Imaging (LDI)

    3. Lapor Presiden 

    Platform ini dirancang oleh Ainun pada tahun 2015 sebagai wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan mereka terhadap Presiden RI secara langsung. Situs ini juga menyediakan sistem voting untuk menyeleksi laporan.

    4. KawalMasaDepan

    Ainun juga menggagas platform sebagai wadah untuk menyalurkan bantuan terhadap anak-anak yatim dan piatu yang terdampak pandemi dan virus COVID-19. Bantuan yang diterima akan disalurkan pada anak-anak yang kehilangan orang tua mereka karena terdampak kasus COVID-19.

    5. KawalCovid19 

    Selanjutnya, prestasi dan karya yang diciptakan Ainun adalah platform KawalCovid19 pada tahun 2020. Situs ini meluncur pada 1 Maret 2020 sebelum pengumuman soal kasus COvid-19 pertama di Indonesia.

    Situs ini menampilkan sejumlah data informasi seputar Covid-19, termasuk jumlah kasus, vaksinasi, dan data lainnya. Ada juga beberapa tips serta trik kesehatan seputar penanganan Covid-19.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini