Telco

Dipakai 250 Ribu Orang, Telkomsel Orbit Kini Turun Harga

  • 29 September 2021
  • Bagikan :

     (Foto: dok. Telkomsel)

    Uzone.id - Internet berbasis fiber optik sejatinya telah lama masuk ke Indonesia. Namun sayang, penggunanya hanya 15 persen saja, itupun di segmen keluarga atau residensial. Hal inilah yang bisa dicakup oleh Telkomsel Orbit, yang kabarnya saat ini mampu meraih banyak pengguna hanya dalam kurun 9 bulan.

    Dikatakan Head of Home LTE Project Telkomsel, Arief Pradetya, sejak kemunculannya di awal tahun sampai saat ini, pengguna Telkomsel Orbit telah meningkat sebanyak 450 persen. Total jumlah pengguna sampai saat ini dikatakan telah mencapai 250 ribu orang.

    "Sampai saat ini masih ada 11 juta pelanggan belum terkoneksi internet kabel dan ini yang menjadi fokus dari Telkomsel Orbit. Dengan basis internet fiber, diharapkan banyak orang bisa mengadopsi Telkomsel Orbit," ujar Arief, dalam konferensi virtual, Rabu, 29 September 2021.

    Baca juga: Telkomsel Orbit Sudah 5G di PI Sampai Menteng

    Diakui Arief, saat ini masih banyak layanan home broadband yang digelar dengan biaya tak terjangkau warga. Makanya Telkomsel Orbit diyakini bisa menjadi solusi guna mempercepat penetrasi internet, khususnya home broadband. Apalagi, dalam data yang dipaparkan Arief, pengguna Telkomsel Orbit juga turut mendorong peningkatan trafik data.

    Total lonjakan trafik data yang muncul sebagai 314 persen. Pelanggan Telkomsel Orbit rata-rata menghabiskan 112GB data per bulan. Mayoritas digunakan untuk komunikasi seperti WhatsApp atau Zoom, kemudian untuk social media, video streaming, e-commerce, dan mengakses berita.

    Untuk memperluas jangkauan pengguna, Telkomsel berupaya memperluas titik penjualan. Yang awalnya mengandalkan penjualan online di web, kini sudah tersedia di outlet fisik, termasuk ada juga di e-commerce dan marketplace hingga integrated sales force Telkom serta Telkomsel.

    Baca juga: Paket Khusus Zoom dari Telkomsel

    Tidak hanya itu, opsi pembayaran Telkomsel Orbit pun ditambah, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan. Selain pembayaran melalui transfer bank, ada pula opsi dengan kartu kredit, dompet digital, termasuk pembayaran langsung di Indomaret, Almafart, hingga Pegadaian.

    "Tidak menutup kemungkinan juga bekerja sama dengan partner lain. Sekarang ada varian Orbit Star A1 yang dibanderol Rp479 ribu. Harga ini lebih jauh lebih murah dari generasi Orbit pertama yang dijual Rp699 ribu," ujar Arief.

    Diketahui, Telkomsel Orbit juga sudah menghadirkan layanan 5G seiring dengan peluncuran 5G dari Telkomsel. Saat ini ada tujuh titik di Jakarta dan Banten yang beberapa area di dalamnya masuk ke dalam jangkauan Telkomsel 5G, yaitu Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Alam Sutera, BSD, dan Menteng.