icon-category Digilife

'Diplomasi' Permen Kopiko ala Menteri Luhut saat Temui Elon Musk

  • 27 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk (Foto: Instagram @luhut.pandjaitan)

    Uzone.id - Masyarakat Indonesia terkejut tiba-tiba saja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menemui Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas.

    Tak ada pengumuman atau seremonial jelang pertemuan menteri yang banyak memegang jabatan koordinator dalam segala urusan itu dengan orang yang punya kekayaan USD264,6 miliar atau sekitar Rp3,8 kuadriliun itu.

    Menteri Luhut menyambangi langsung Elon Musk di markas Tesla yang baru di Texas untuk menggolkan agenda investasi dengan berharap Tesla mau bekerjasama dengan Indonesia dalam penyediaan nikel untuk bahan baku baterai mobil listrik.

    BACA JUGA: Uji Jaringan 5 Operator dari Merak Sampai Trans Sumatra, Siapa Terkencang?

    "Saya tidak menyangka akan disambut dengan ramah dan bersahabat oleh CEO Tesla, Inc. Elon Musk di Giga Factory Tesla di Austin, Texas. Pertemuan ini memang yang pertama kalinya bagi saya dan Elon, tetapi sebetulnya komunikasi kami sudah terjalin selama dua tahun belakangan. Selama kurang lebih satu jam, saya menyampaikan potensi bahan baku baterai kendaraan listrik yang saat ini sedang kami eksplorasi terus lewat program hilirisasi mineral," kata Menteri Luhut menyampaikan di akun Instagram @luhut.pandjaitan.

    Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Elon Musk (Foto: Instagram @luhut.pandjaitan)

    Selain itu, Menteri Luhut merasa sangat beruntung mendapat sambutan hangat Elon. Itu bisa terlihat dari wajahnya.

    Dia pun heran ketika beberapa waktu lalu agak sedikit kaku dengan beberapa kebijakan terkait industri electric vehicle dan pengolahan nikel di Indonesia.

    Namun, kata Menteri Luhut, Elon kini justru bersemangat. Bahkan, rombongan Menteri Luhut mendapatkan tour langka di dalam pabrik mobil dan baterai Tesla.

    "Apakah karena cuaca hujan yang baru turun di Texas setelah sekian lama ini membawa berkat tersendiri bagi tim delegasi kami, ataukah memang sosok Presiden @jokowi yang dianggap Elon sebagai salah satu kepala negara yang “reputable” karena terbukti mampu menjaga ekonomi Indonesia tetap stabil meski dalam situasi pandemi?," sambung dia.

    Terlepas dari hal tersebut, kata Menteri Luhut, yang paling melegakan baginya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerjasama kali ini, yaitu karena paparan yang disampaikan dirinya tentang potensi besar Industri Nikel di Indonesia yang mengubah persepsi Elon Musk karena menganggap sangat menjanjikan untuk mampu men-supply bahan baku baterai mobil listrik, yang sangat dibutuhkan oleh Tesla tentunya sebagai salah satu produsen kendaraan listrik ternama.

    BACA JUGA: Restu Sang Mantan Bos Twitter buat Elon Musk

    "Karenanya, nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX," ungkapnya.

    Sebagai tindak lanjut, Indonesia juga akan mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November 2022.

    Menteri Luhut berharap ini bukan pertemuan terakhir dan ke depan akan ada pembahasan terkait progres perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi bisa membawa negara kita masuk kepada rantai pasok global industri kendaraan listrik.

    Seperti yang bisa kita saksikan dalam unggahan video yang beredar luas di media sosial, wajah Elon terlihat begitu bahagia saat duduk satu meja dengan Menteri Luhut, CEO & Presiden Direktur Bakrie & Brother Anindya Novyan Bakrie, dan Duta Besar Indonesia Untuk AS Rosan Roeslani dan beberapa pengusaha.

    Ada cuplikan gimmick di mana Menteri Luhut memberikan satu bungkus permen Kopiko kepada Elon Musk.

    Elon Musk lalu mengupas satu permen Kopiko dan kemudian mengemutnya. Elon Musk menunjukkan rasa puas akan cita rasa permen Kopiko dengan memberikan gestur mengangguk-angguk lalu mengacungkan dua jempolnya.

    Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Elon Musk (Foto: Instagram @luhut.pandjaitan)

    "Enak juga nih permennya," gumam Elon Musk dalam imajiner penulis.

    Tak butuh lama, saham Mayora (MYOR) pun naik 4,91 persen (harga 1.710 per saham) setelah permen produksinya dilumat oleh Elon Musk.

    Kenapa permen Kopiko sampai jadi 'alat diplomasi' ke Elon Musk?

    Rosan Roeslani menjelaskan karena menjadi permen Kopiko merupakan cemilan yang dibawa astronot ke antariksa, seperti dikutip dari berbagai sumber.

    Anindya Novyan Bakrie juga menjelaskan lewat akun Linkedin miliknya bahwa pertemuan mereka dengan Elon Musk agar bisa meyakinkan Tesla untuk menjajaki kerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baku battery cell yang berlandaskan Environment, Social dan Governance (ESG) yang baik dan berkelanjutan.

    Wah, jangan-jangan bukan karena hujan yang turun di Texas yang membuat hati Elon Musk berbunga-bunga ketika bertemu delegasi dari Indonesia, seperti yang diprediksi oleh Menteri Luhut.

    Bisa jadi karena permen Kopiko yang bikin vibes Elon Musk jadi ceria. Itu cuma pendapat penulis lho guys.

    Mudah-mudahan saja Elon Musk benar merealisasikan kerjasama dengan Indonesia dalam penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baku batery cell.  

    Good job, Opung Luhut!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini