Startup

Discord Uji Coba Fitur ‘Watch Together’ dengan YouTube

  • 25 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Szabo Victor/Unsplash

    Uzone.id - Discord cukup banyak menampung bot, termasuk banyaknya bot-bot untuk memutar musik sesuai keinginan pengguna dari platform YouTube.

    Sayangnya, beberapa waktu lalu Google akhirnya mematikan aktivitas tersebut dengan dugaan karena telah menyalahi lisensi. Ada pula dugaan lain yang menyebutkan bahwa Google ingin para penghuni Discord membayar YouTube Premium agar bebas dari iklan.

    Baca juga: Survei: Sosial Media jadi Alasan Utama Warga Indonesia Main Internet

    Tapi, sepertinya kabar tak mengenakkan tersebut tidak benar adanya karena ternyata, Discord dan YouTube diketahui telah bekerjasama.

    Menurut laporan The Verge, Jumat (24/09/2021), kedua perusahaan ini sedang menguji coba integrasi YouTube dalam aplikasi dengan nama fitur ‘Watch Together’.

    Sesuai namanya, fitur ini bisa digunakan pengguna di saluran Discord untuk menonton video YouTube secara bersamaan. Fitur ini juga tampaknya bisa digunakan para broadcaster untuk menggunakan tombol remote agar bisa mengendalikan pemutaran jarak jauh.

    Baca juga: Berapa Jumlah Pengguna Internet di Indonesia 2020?

    Ternyata, kerja sama ini bukanlah hal yang baru terjadi. Kabarnya YouTube dan Discord sudah cukup lama mengerjakan fitur integrasi ini, yaitu semenjak satu tahun lalu.

    Untuk perilisannya, belum ada kabar lebih jauh baik itu dari YouTube ataupun Discord. Namun, versi betanya mungkin akan diperluas beberapa minggu yang akan datang karena saat ini masih diuji dalam server teman dan family.

    Rencananya, fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna di akhir bulan Oktober tahun ini.