home ×
Digilife

Diserang Thanos, Kominfo Dukung BSSN Sesuai Tupoksi

13 September 2021 By
Diserang Thanos, Kominfo Dukung BSSN Sesuai Tupoksi
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Pemberitaan terkait dengan serangan hacker Mustang Panda Group ke 10 Kementerian di Republik Indonesia banyak mendapat respons yang beragam. Kementerian Komunikasi dan Informatika, misalnya, mengatakan menyerahkan hal ini kepada pihak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pasalnya, kata Johnny, kementeriannya akan membantu sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi). Sedangkan yang berkaitan dengan serangan siber akan ditangani langsung oleh BSSN.

"Yang terkait dengan serangan siber, sebaiknya ke Badan Siber. Kominfo akan selalu membantu sesuai tupoksi," ujar Johnny, kepada Uzone.id, Senin, 13 September 2021.

Baca juga: Hacker China Retas 10 Lembaga dan Kementerian RI

Namun begitu, kata Johnny, institusi pemerintah selalu bekerja sama meskipun terkait isu lintas kementerian dan lembaga. Pasalnya, isu terkait butuh pengecekan yang intensif terlebih dahulu.

"Selalu ada code of conduct dan prosedur yang perlu diperhatikan," ujar Johnny.

Sementara itu, dilansir dari Medcom.id, pihak BSSN perlu mengecek kebenaran aksi peretasan tersebut. Namun begitu, untuk sementara waktu, BSSN meminta semua pihak untuk terus waspada.

"Sampai saat ini belum ada laporan dari kementerian/lembaga kita tentang informasi tersebut," kata Kepala BSSN Hinsa Siburian.

Baca juga: Spionase, Motif Hacker China Kirim Ransomware Thanos

"Namun kami tetap monitor," tambahnya.

Sebelumnya dikabarkan jika Kelompok Hacker Asal China yang bernama Mustang panda Group, diketahui melakukan peretasan terhadap 10 Kementerian Lembaga Pemerimtah Indonesia.

Menurut Insikt Group, divisi penelitian ancaman Recorded Future, menyebutkan kelompok hacker itu menyerang dengan menggunakan private ransomware bernama Thanos.

Bahkan peretasan ini langsung dikaitkan dengan upaya spionase asal China dalam upaya menghadapi situasi yang menghangat di Laut China Selatan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id