icon-category Technology

'Disiksa' 14 Jam, Seberapa Awet Layar Lipat Galaxy Fold?

  • 07 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Foto: (YouTube Samsung)

    Uzone.id - Setelah penjualan Galaxy Fold ditunda lantaran keluhan kerusakan pada layar, ponsel lipat dari Samsung ini resmi dirilis pada 27 September 2019. Galaxy Fold hadir dengan perubahan desain dan konstruksi yang lebih tahan lama.

    Mengutip The Verge, ketika ponsel seharga $ 1.980 (Rp 28 juta) diluncurkan, Samsung mengklaim telah mengetes hingga 200.000 lipatan dalam pengujian internal.

    Menariknya, CNET baru-baru ini merilis video YouTube yang memperlihatkan menguji ketahanan pada layar Galaxy Fold. CNET ingin melihat ponsel ini dapat bertahan hingga berapa kali lipatan, dan mungkin sekaligus mau menguji klaim Samsung.

    Baca juga: 5 Fakta Menarik Tren Kuliner GoFood 2019

    Nengutip CNET, SquareTrade, perusahaan yang berbasis di San Frascisco, telah mengembangkan sebuah mesin yang dapat membuka dan menutup Galaxy Fold hingga ribuan kali.

    Nah, CNET menggunakan mesin SquareTrade untuk menguji ketahanan Galaxy Fold. Sementara itu, Business Insider mengatakan ini adalah tes yang brutal selama 14 jam.

    Baca juga: Demam Boba Bikin GoFood Berkah

    Mesin juga menutup dan membuka Galaxy Fold dengan sangat kencang, sehingga menimbulkan suara yang keras berulang kali di video.

    CNET mengatakan bahwa mereka berencana menguji hingga 200.000 kali lipatan secara terus-menerus, mengacu pada kemungkinan pengguna melipat dan membuka ponsel selama lima tahun.

    Namun, CNET mengakhiri tes pada Galaxy Fold setelah 119.380 lipatan. Di angka lipatan itu, engsel Galaxy Fold rusak, dan separuh layarnya mati total. CNET juga menyebut bahwa angka lipatan tersebut setara dengan sekitar tiga tahun penggunaan.

    Baca juga: Sudah Match Tapi Pesan Tinder Kamu Gak Dibalas, Apa yang Salah?

    Meski demikian, CNET memberi catatan bahwa ini bukan tes penggunaan aktual. Dalam keseharian, pengguna jelas gak akan membuka dan menutup Galaxy Fold selama berjam-jam.

    CNET melakukan tes ini untuk melihat ketahanan lipatan Galaxy Fold sebelum mengalami masalah, dan di titik mana mereka bisa mengamati masalah pada layar ponsel Samsung ini.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini