icon-category Telco

Ditargetkan Meluncur 2023, Apa Kabar Satelit Satria-1?

  • 03 Nov 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Donald Giannatti/Unsplash

Uzone.id - Kurang lebih 1 tahun lagi Satelit Republik Indonesia atau SATRIA ditargetkan untuk meluncur. Kalau sesuai dengan rencana awal, Satelit multifungsi yang dirancang khusus untuk koneksi internet ini ditargetkan meluncur pada tahun 2023.

Lalu, bagaimana kelanjutan dari proyek Satelit Satria-1 yang akan segera meluncur tahun depan?

Baru-baru ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan soal perkembangan Proyek Satelit Satria-1 dimana saat ini, produksinya sudah dalam fase penting.

Ia juga baru saja menerima kunjungan dari Senior Executive Vice President of International Development of Thales Group, Pascale Sourisse dan membahas soal perkembangan kerjasama Proyek Satelit Republik Indonesia-1 (Satria-1). 

Baca juga: Kunjungi Kantor Telkom, Menteri Timor-Leste Jajaki Peluang Kerja Sama

Ia menjelaskan kalau Thales berkomitmen untuk proses pengadaan Satelit Satria-1 menggunakan semua keahlian dan kesempatan manajemen yang mereka miliki.

Pemerintah juga berharap kerja sama dengan Thales dapat berjalan lancar agar peluncuran Satria-1 dapat dilakukan sesuai jadwal.

“Mudah-mudahan nanti sampai dengan Desember bisa selesai dan selanjutnya kita bisa mulai persiapkan peluncuran atau launching satelitnya di pertengahan tahun depan sekitar bulan Juli," ungkap Johnny, Rabu, (02/11).

Dalam kesempatan yang sama, Pascale mengungkapkan apresiasinya atas kepercayaan Pemerintah Indonesia kepada Thales dalam  proyek Satelit Satria-1. Ia juga antusias untuk menindak lanjuti kerjasama satelit ini.

"Saya senang memiliki kesempatan untuk bertemu Bapak Menteri untuk menindaklanjuti kerjasama Satria-1," ujarnya. 

Kunjungan Presiden Thales Group ini ke Indonesia ditujukan utnuk menghadiri acara Pameran Indo Defense 2022 yang juga ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Samsung Ikutan Bikin Emergency SOS via Satelit, Gandeng Elon Musk?

“Pameran ini sangat aktif dan kami juga ingin mengambil kesempatan ini untuk membahas proyek yang kami miliki di ranah sipil khususnya dengan Kementerian Kominfo,” jelasnya

“Jadi ini adalah kesempatan besar untuk melihat banyak pelanggan dan mitra, kami memiliki kesempatan untuk meninjau kemajuan proyek kami," tambah Pascale.

Sementara itu, Satelit Satria-1 sudah dirancang semenjak tahun 2019 lalu dan dibuat oleh perusahaan Perancis, Thales Alenia Space dan akan diluncurkan oleh roket SpaceX Falcon 9.

Satelit Satria-1 ini nantinya akan meningkatkan kualitas layanan internet publik di seluruh Indonesia khususnya di daerah 3T dan perbatasan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini