icon-category News

Ditemukan, Tengkorak Wanita Abad Pertengahan Setinggi 2,2 Meter

  • 15 Nov 2016 WIB
  • Bagikan :


    Sejumlah arkeolog di Polandia terkejut ketika menemukan kerangka seorang wanita dari abad pertengahan dengan ketinggian menjulang, yakni 7 kaki 2 inci, atau setara 2,2 meter.

    Kerangka misterius itu ditemukan di luar sebuah gereja dari kubu Ostrów Lednicki di Polandia, demikian lansir MailOnline, Senin (14/11).

    Baca juga: 

    Tahun 2030, Manusia Bisa Tinggal di Mars

    Gawat, Rusia Bikin Robot 'Pembunuh' Umat Manusia

    Merasakan Cuaca Ekstrem? Ini Jadi Cuaca Normal di Tahun 2025

    Proporsi tubuhnya menunjukkan bahwa wanita itu berbadan raksasa, dan peneliti mengatakan wanita itu menjalani kehidupan yang singkat penuh luka traumatis dan penyakit.

    Berdasarkan hasil penelitian, kerangka itu diperkirakan hidup di sekitar Polandia antara akhir abad 12 hingga awal abad 14. Kerangka pertama kali ditemukan pada tahun 1977. Namun, hasil penelitian mendalam baru dilakukan akhir-akhir ini.

    Menariknya, ketika semua penguburan di pemakaman dibuat dengan kepala menghadap ke arah barat, kepala wanita ini justru menghadapi arah yang berlawanan.



    Posisi tubuhnya di dalam kubur pun tak kalah aneh, di mana lengan kanan dan kirinya ditekuk, tak dibiarkan memanjang.

    Magda Matczak, penulis buku 'New Developments in the Bioarchaeology of Care' mengatakan, "berdasarkan orientasi penguburan yang biasa, pembuangan tubuh tanpa perawatan, dan kurangnya barang-barang di sekitar kuburan menunjukkan bahwa wanita ini berasal dari strata sosial yang rendah."

    Matczak pun tertarik dengan tinggi tengkorak yang menjulang, padahal tulang jarinya proporsional. Ada kemungkinan jasad perempuan itu mengidap gigantisme—kondisi yang disebabkan karena produksi hormon yang berlebihan pada kelenjar pituitari (kelenjar di bawah otak).

    Dia juga diduga memiliki acromegaly, suatu kondisi yang membuat tulang kepala sangat besar.

    Namun, ia tak serta merta menyebut bahwa di abad pertengahan itu ada sekumpulan kelompok masyarakat yang mempunyai fisiologi serupa tengkorak ini. Artinya, kondisi fisik dan tengkorak yang menjulang 2,2 meter juga merupakan suatu yang langka di zaman itu.

    Berita Terkait:
    Terkuak, Leluhur Manusia Hidup di Belgia 35 Ribu Tahun Lalu
    Ngeri! Ini 5 Masa Kepunahan Massal di Bumi yang Pernah Terjadi
    Ini Savannasaurus, 'Penghuni' Australia pada 95 Juta Tahun Lalu
    Wow! Ternyata Ada Dua Rongga Tersembunyi di dalam Piramida Gyza
    Arkeolog Temukan Terowongan di Makan Raja Bangsa Maya

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Tags : News tengkorak Arah 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini