home ×
Lifestyle

Dituduh Rasis, H&M Sampaikan Permohonan Maaf

09 January 2018 By
Dituduh Rasis, H&M Sampaikan Permohonan Maaf
Share
Share
Share
Share

Kritikan pedas menyerang H&M. Pasalnya, ritel busana asal Swedia ini dituduh rasis karena merilis hoodie bertuliskan 'Coolest Monkey in the Jungle'

Dalam foto yang dipajang di situs resminya, H&M menunjuk bocah kulit hitam sebagai modelnya. Foto tersebut sukses melukai perasaan banyak orang.

Tuduhan rasis pun dialamatkan pada perusaan yang didirikan oleh Hennes & Mauritz ini. Ribuan protes dan cuitan bernada sumbang memenuhi media sosial.

Musisi The Weekend pun angkat bicara dan meluapkan kekecewaannya di Twitter. "Terbangun pagi ini merasa kaget dan malu dengan foto ini. Aku sungguh merasa tersinggung dan tak akan bekerjasama lagi dengan @hm..." cuit @theweeknd.

Menanggapi kecaman yang dialamatkan kepadanya, H&M pun akhirnya angkat bicara. Pihaknya meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi.

"Foto tersebut sudah dihilangkan dari seluruh H&M dan kami minta maaf kepada siapapun yang mungkin saja tersinggung," ujar Anna Eriksson, juru bicara H&M, seperti dilansir CNN Money International.

Sebelumnya, foto tersebut tayang dan beredar luas lewat H&M British. "Kami sungguh meminta maaf sudah menyinggung orang banyak dengan atasan hoodie tersebut," kata Anna. "Kami percaya dengan keberagaman dan partisipasi dalam setiap hal yang kami lakukan, dan kami akan mereview ulang kebijakan internal untuk menghindari masalah serupa di kemudian hari," pungkasnya.

Seorang perempuan yang mengaku bekerja di H&M Swedia pun mengeluarkan pendapatnya. "Aku bekerja untuk mereka selama bertahun-tahun dan terkadang mereka kurang memiliki pengetahuan. Head office di Swedia tak mengetahui isu rasisme, budaya, dan perubahan sosial. Mereka sungguh berpikir bahwa ini lucu," cuit @HasaniReyes.

Meski telah menunjukkan permintaan maaf mendalam, perdebatan netizen masih terus bergulir. Ada yang pro, ada juga yang kontra.

Tak sedikit netizen yang membela H&M dan sama sekali tak merasa tersinggung dengan hoodie tersebut. Bahkan, mereka menyebut kebanyakan orang hanya bersikap 'lebay' alias berlebihan.

Bagaimana pendapat kamu?

H&M rasis 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id