home ×
Telco

DNOC 3 Indonesia Diklaim Jaga Jaringan On Terus

19 May 2021 By
DNOC 3 Indonesia Diklaim Jaga Jaringan On Terus
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Perusahaan Telekomunikasi 3 Indonesia kini telah memiliki Digital Network Operation Center (DNOC) di Jakarta. Digital NOC baru ini dibangun melalui kemitraan dengan Huawei Indonesia yang diklaim bisa beroperasi tanpa gangguan setiap waktu.

Dikatakan pihak 3 Indonesia, DNOC ini dilengkapi dengan sistem catu daya redundan yang superior, Digital NOC milik 3 Indonesia tetap dapat beroperasi meskipun gangguan listrik terjadi.

"Digital NOC didukung dengan teknologi Kecerdasan Artifisial (AI) mutakhir dengan solusi berbasis Machine Learning (ML) untuk memonitor, mengontrol, dan mengoperasikan jaringan seluler 3 Indonesia yang mencakup Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Terdapat pula teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan efisiensi pengoperasian dan pemeliharaan dari jaringan 3 Indonesia, termasuk pemulihan jaringan pasca bencana demi menjaga ketersediaan jaringan terbaik bagi pengguna 3 di Indonesia," ujar Cliff Woo, Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu, 19 Mei 2021.

Dijelaskan Woo, selama dua tahun terakhir, jumlah sites 4G milik 3 Indonesia di seluruh Indonesia telah tumbuh hampir dua kali lipat. Ini menjadikannya sebagai jaringan seluler 4G terbesar ketiga di Indonesia.

"Digital Network Operation Center yang baru memungkinkan kami untuk meningkatkan pengelolaan jaringan dan membuka jalan bagi konektivitas 5G. Hal ini merupakan bukti komitmen kuat kami untuk terus menghadirkan jaringan yang sangat andal bagi para pelanggan kami, agar mereka mendapatkan pengalaman terbaik kapan pun dan di mana pun saat menikmati kehidupan digital mereka," katanya.

Layanan Telekomunikasi 3 Indonesia Selama Lebaran

Lebaran kali ini menjadi perayaan Idul Fitri kedua di masa pandemi dan masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa untuk merayakannya di rumah saja bersama anggota keluarga terdekat. Sementara, dalam menjalin komunikasi dengan kerabat yang tinggal di kota atau bahkan pulau lain, 3 Indonesia terus mengakomodir para pelanggannya dengan penyediaan jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat di seluruh wilayah Indonesia.

Ragam aplikasi pesan seperti WhatsApp tercatat mengalami kenaikan penggunaan trafik dijaringan 3 Indonesia sebesar 60 persen jika dibandingkan dengan hari normal sebelum Ramadan.

Begitu juga dengan aplikasi mobile game dan streaming yang menjadi favorit pengguna 3 untuk mencari hiburan dikala libur Idul Fitri. 3 Indonesia mencatat kenaikan aplikasi mobile game seperti PUBG mobile dan Mobile Legends yang naik sekitar 90 persen hingga 150 persen. Selain itu, terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk aplikasi YouTube dan Netflix sebesar 30 persen.

Pelanggan 3 juga banyak menggunakan sosial media untuk berbagi ucapan dan momen saat Idul Fitri. Secara keseluruhan terdapat kenaikan penggunaan aplikasi sosial media sebesar 23 persen, yang di dominasi oleh aplikasi TikTok yang naik sebesar 70 persen, diikuti Instagram dan Facebook.

Sementara itu, untuk SMS juga mengalami kenaikan sebesar 14 persen, sedangkan untuk layanan suara menurun sebesar 6,5 persen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id