home ×
Digilife

Dokter Kevin Samuel Minta Maaf Usai TikToknya Viral

19 April 2021 By
Dokter Kevin Samuel Minta Maaf Usai TikToknya Viral
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi TikTok/Unsplash

Uzone.id -- Media sosial memang tempat berekspresi, namun jika sampai meresahkan apalagi melecehkan, tentu akan merepotkan. Hal ini sedang menimpa dokter muda bernama Kevin Samuel Marpaung yang tengah disorot akibat konten video viralnya di TikTok.

Video durasi 15 detik tersebut dikecam oleh netizen lantaran dianggap tidak etis dan merendahkan perempuan. Tak hanya itu, ia juga dicap telah mencoreng integritas profesi rekan sejawatnya. Kendati begitu, ia pun akhirnya membuat video minta maaf.

Uniknya, permintaan maaf tersebut tidak diunggah di akun media sosial milik Kevin sendiri, melainkan ‘diwakilkan’ oleh Dokter Tirta di akun Twitternya, @tirta_hudi pada 17 April 2021.

Saya sudah dm @kevinsamuel5 dan meminta dia untuk klarifikasi atas video yg telah dia buat. Semoga menjadi peljaran agar kita lebih berhati2 dalam membuat video konten,” cuitnya.

Baca juga: Dokter Kevin Samuel Hapus Semua Video TikToknya Usai Dikecam

Kevin Samuel tampak mengenakan kemeja kotak-kotak warna hitam dan merah di dalam video permintaan maafnya tersebut yang berdurasi 42 detik.

Selamat pagi teman-teman semua. Kepada seluruh masyarakat, teman-teman netizen, dan khususnya kaum wanita, saya Dokter Kevin ingin meminta maaf sebesar-besarnya atas video konten saya mengenai pembukaan di mana video tersebut saya tidak berhati-hati dalam memilih soundtrack dan memasang ekspresi wajah yang terkesan melecehkan,” tutur Kevin.

Ia melanjutkan, “sekali lagi saya ingin meminta maaf khususnya untuk kaum wanita dan untuk ke depannya saya akan lebih berhati-hati dalam membuat video konten dan berjanji akan lebih fokus ke video-video konten yang bersifat edukasi. Terima kasih.

Entah apa alasan mengapa permintaan maaf tersebut harus melalui akun Twitter Dokter Tirta ketimbang akun media sosial milik Kevin sendiri. Dari pantauan Uzone, akun Twitter Kevin Samuel tidak dibuka untuk publik alias di-private. Pun begitu dengan video-videonya di akun TikTok miliknya.

Yang jelas, video TikTok bikinannya yang viral tersebut berhasil mendapat kecaman dari warganet dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kevin Samuel meragakan reka adegan pengecekan pembukaan sebagai prosedur dalam pemeriksaan pasien yang hendak menjalani persalinan. Ia mengenakan jas putih khas dokter lengkap dengan stetoskop yang menjuntai di lehernya dan sarung tangan.

Seakan-akan berperan sebagai dokter kandungan, ia kemudian mengecek tingkat pembukaan rahim, namun yang dipermasalahkan adalah ekspresinya, lagu latar, dan esensi dari konten tersebut yang dianggap melecehkan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article