home ×
Entertainment

Drama Ajang Miss Universe, Miss USA Ledek Kontestan Kamboja dan Vietnam

17 December 2018 By
Drama Ajang Miss Universe, Miss USA Ledek Kontestan Kamboja dan Vietnam
Share
Share
Share
Share

(Foto: Instagram/sarahrosesummers)

Uzone.id -- Ada satu drama di tengah perhelatan kontes kecantikan Miss Universe 2018 di Bangkok, Thailand. Miss USA bernama Sarah Rose Summers dianggap mengejek kontestan asal Kamboja dan Vietnam.

Sebelum malam puncak Miss Universe 2018 digelar pada Senin (17/12), internet sempat dibikin heboh gara-gara ucapan Summers tentang Miss Cambodia bernama Rern Sinat dan Miss Vietnam, H’Hen Nie yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Ucapan terekam di dalam video yang diunggah di Instagram Live itu memperlihatkan Summers sedang ngobrol santai dengan Miss Colombia Valeria Morales dan Miss Australia Francesca Hung.

Baca juga: Catriona Gray, Kontestan Asal Filipina Jadi Juara Miss Universe 2018

Summers mengomentari tentang Nie. “Dia berpura-pura tahu banyak tentang bahasa Inggris lalu saat kamu tanya dia sesuatu setelah ngobrol panjang, dia cuma mengangguk-anggukan kepala.”

Tak lama, Summers menambahkan, “dia menggemaskan.”

Kemudian komentar Summers bergulir untuk kontestan Kamboja, Sinat. “Miss Cambodia di sini dan tidak ngomong bahasa Inggris, serta tak ada satupun orang yang berbicara dalam bahasanya.”

Dia melanjutkan, “bisa kamu bayangkan? Francesca bilang hal itu bisa membuat dirinya terasa asing dan saya pikir bisa membingungkan. Kasian sekali Kamboja.”

Ocehan Summers di video itu langsung mendapat kritik pedas dari netizen. Perempuan asal Nebraska, AS itu dinilai dangkal, tidak punya hati, dungu, hingga xenophobia.

Kontestan ini seharusnya sudah didiskualifikasi,” komentar netizen.

Ini adalah kontes global, Miss Universe. Tidak usah merasa bahasa Inggris jadi segalanya. Sikap Xenophobic Anda tidak akan membawamu ke mana-mana,” kritik netizen lain.

Sadar mendapat tanggapan sinis dari warganet, Summers mengunggah foto dirinya bersama sejumlah kontestan dari negara lain yang sedang saling berpelukan. Foto itu ditemani oleh caption panjang sekaligus meminta maaf atas apa yang sudah dia ucapkan.

“Dalam momen di mana niat saya adalah mengagumi sejumlah teman-teman, saya mengatakan sesuatu yang saya sadari bisa dianggap merendahkan, untuk itu saya meminta maaf. Hidup saya, pertemanan, dan karier saya membentuk saya menjadi perempuan empati penuh kasih sayang. Saya tidak pernah berniat untuk menyakiti sesama. Saya bersyukur atas kesempatan ini untuk bisa berkenalan dengan Miss Cambodia, Nat dan Miss Vietnam, H’Hen secara langsung tentang pengalaman ini. Momen ini adalah yang penting bagi saya,” tulis Summers.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

@MissUniverse is an opportunity for women from around the world to learn about each other’s cultures, life experiences, and views. We all come from different backgrounds and can grow alongside one another. In a moment where I intended to admire the courage of a few of my sisters, I said something that I now realize can be perceived as not respectful, and I apologize. My life, friendships, and career revolve around me being a compassionate and empathetic woman. I would never intend to hurt another. I am grateful for opportunities to speak with Nat, Miss Cambodia, and H’Hen, Miss Vietnam, directly about this experience. These are the moments that matter most to me.

A post shared by Sarah Rose Summers (@sarahrosesummers) on

Kerennya lagi, Miss Cambodia Rern Sinat turut mengunggah foto yang sama di akun Instagramnya, @rern_sinat.

“Persahabatan dan sisterhood di Miss Universe akan selamanya saya kenang di hati. Pengalaman kami telah memberikan kesempatan ini untuk memperlihatkan dan belajar kultur yang berbeda-beda. Saya berbicara bahasa cinta, rasa hormat, dan pengertian. Saya sayang kalian semua,” tulis Sinat.

Well, baguslah… Tampaknya drama ini tidak berakhir ricuh atau permusuhan lebay yang memecah belah. Semuanya damai.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id