home ×
Auto

Dua Cara Biar Ban dan Pelek Gak Dicolong Maling

30 January 2020 By
Dua Cara Biar Ban dan Pelek Gak Dicolong Maling
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Lagi marak pencurian ban dan pelek saat mobil lagi terparkir sedikit banyak meresahkan para pemilik mobil, utamanya yang pakai pelek dan ban bagus.

Terus, apa ada cara yang aman untuk menghindari pencurian tersebut? barangkali, saat parkir ban dan peleknya bisa dirantai? Kok jadi malah ribet banget ya..

Tenang, sebenernya ada dua cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mencegah pelaku pencurian memboyong ban dan pelek saat mobil lagi parkir.

Baca juga: Belum Diluncurkan, Suzuki XL7 Sudah Diskon Rp 15 Juta

Pertama, kalian bisa beli baut khusus atau biasa disebut Lugnut. Selain bikin tamilan mobil jadi lebih keren, menggunakan Lugnut juga punya fungsi untuk keamanan.

Lugnut punya desain khas yang hanya bisa dibuka dengan kunci khusus pula, sehingga kunci roda pada umumnya gak bakal bisa ngebuka baut seperti ini.

Dipasaran, Lugnut banyak dijual. Tapi memang harganya gak murah, bisa Rp 1 juta sampai Rp 3 jutaan untuk satu set. Jadi, kalau kalian pakai pelek keren dan mahal, baiknya pakai Lugnut deh.

Tapi, kalau kira-kira budget terbatas untuk beli Lugnut, kalian bisa coba satu lagi yang sebenernya sudah ada pada alarm=alarm bawaan pabrik dari mobil.

Pastikan sensor gerak di alarm mobil kalian aktif, karena biasanya mobil-mobil kekinian sudah tersedia teknologi sensor getar atau gerakan yang abnormal.

Seperti kita tau, para pencuri tersebut pastinya akan mendongkrak mobil terlebih dulu sebelum melepas ban. Nah, saat mengdongkrak, pasti terjadi pergerakan dan getaran pada mobil, disinilah peran penting dari sensor gerak tersebut.

Pengaturannya bisa di tingkat sensitifitas alarm. Jadi pastikan tingkt sensitifitasnya aktif atau setidaknya berada di posisi minimum. Dengan begitu, sensor bisa mendeteksi pergerakan atau getaran.

Masalahnya, banyak pemilik mobil yang justru mematikan fungsi sensor gerak pada alarm dengan alasan terlalu sensitif, dikit-dikit bunyi dan mengganggu. Bayangkan aja, motor dengan knalpot racing lewat, alarm bunyi. Bahkan, mobil disenderin orang aja bisa nyala.

Nah, dua cara tersebut setidaknya bisa dijadikan solusi untuk mencegah pelek dan ban mobil kalian raib saat berada di parkiran.

VIDEO Lima Pertimbangan Sebelum Beli New Hyundai Tucson 2020

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id