icon-category Digilife

Dua Hal yang Perlu Diperhatikan Indonesia Dalam Memaksimalkan Teknologi AI

  • 17 Jul 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kecerdasan Buatan atau ‘Artificial Intelligence’ menjadi sebuah teknologi mutakhir yang diciptakan untuk memiliki kinerja dan sistem layaknya otak manusia.

    Di beberapa negara, teknologi AI ini sudah diterapkan di berbagai aspek kehidupan, begitupun di Indonesia yang kini sudah mengaplikasikan AI pada teknologinya.

    Namun, untuk memaksimalkan teknologi AI, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan. Ivan Renald Tigana selaku Chief Business Officer Nodeflux dalam acara Uzone Talks, mengatakan ada dua hal yang menjadi urgensi dalam penerapan AI di Indonesia.

    Baca juga: Robot Ini Bisa Tangkap Sampah Luar Angkasa

    Jaringan dan infrastruktur yang merata

    Agar implementasi teknologi AI semakin maksimal dan tak ada hambatan, salah satu hal yang harus disediakan adalah jaringan dan infrastruktur yang merata.

    Apabila jaringan dan infrastruktur belum bisa memenuhi standar untuk kebutuhan teknologi AI, maka penerapan teknologi akan terbatas.

    Melakukan riset

    Salah satu untuk mendorong implementasi AI di Indonesia adalah melakukan riset. Indonesia dinilai kurang memberikan dukungan dalam pelaksanaan riset terkait teknologi ini.

    Oleh karena itu, Indonesia diharapkan untuk mengadakan berbagai riset guna menganalisa serta membuat strategi dalam pengaplikasian AI di Indonesia.

    Video Kesan Pertama Megang Oppo Reno6:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini