Home
/
Digilife

Dua Jam Gelar Pesta Diskon 11.11, Alibaba Raup Rp257 T

Dua Jam Gelar Pesta Diskon 11.11, Alibaba Raup Rp257 T

Birgitta Ajeng11 November 2019
Bagikan :

(Foto: alibabanews.com)

Uzone.id - Alibaba sukses mengubah Singles’ Day alias perayaan bagi jomblo di China menjadi festival belanja 11.11. Gak hanya berlangsung di negara asalnya, ajang diskon satu hari telah mendunia setelah Alibaba mengakuisisi Lazada.

Mengutip Forbes, tujuan jangka panjang Alibaba adalah untuk mendapatkan setengah penjualannya dari luar negeri.

Lantas, sebagai perintis festival diskon 11.11, berapa transaksi yang sudah dicetak Alibaba pada 11 November ini?

Baca juga: Sejarah Hari Belanja Online 11.11, Bermula dari Hari Jomblo di China

Tahun ini, berdasarkan newsroom Alibaba, Alibaba Group telah resmi memulai Festival Belanja Alibaba 11.11 pada dini hari 00.00 waktu China Standard Time (GMT +8). 

Dalam satu jam pertama, Gross Merchandise Volume (GMV) dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai USD12 miliar atau setara Rp168 triliun.

Sementara itu, dalam dua jam pertama, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay adalah USD18,32 miliar, atau sekitar Rp257 triliun. Sungguh angka yang fantastis, bukan?

Baca juga: Nih, 5 Tips Belanja Online di Harbolnas 11.11 Supaya Gak Kalap

Festival belanja ini dihadiri oleh lebih dari 200.000 merchant. Sebanyak 22.000 di antaranya berasal dari 78 negara, termasuk Indonesia.

Alibaba juga menawarkan satu juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini—100 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Sebelumnya, Alibaba mecapai GMV USD 30,8 miliar dalam 24 jam festival belanja 11.11 pada 2018. Angka tersebut naik 27 persen dari tahun sebelumnya. Pada 2018, ada 180.000 mereka yang ikut serta, dan satu miliar paket yang dikirimkan.

populerRelated Article