Dua ‘Otak’ di Balik Kamera Ponsel Pixel Hengkang dari Google - Uzone
home ×
Gadget

Dua ‘Otak’ di Balik Kamera Ponsel Pixel Hengkang dari Google

14 May 2020 By
Dua ‘Otak’ di Balik Kamera Ponsel Pixel Hengkang dari Google
Share
Share
Share

(Foto: dok. The Verge)

Uzone.id -- Dua eksekutif penting divisi ponsel pintar Pixel diam-diam angkat kaki dari Google beberapa bulan belakangan. Mereka adalah teknisi kondang Marc Levoy dan mantan general manager Pixel Mario Queiroz.

Kedua sosok ini dikenal sebagai pemegang kendali dari tim yang mengembangkan fotografi komputasi yang menggerakan kamera Pixel.

Dari laporan yang diwartakan The Information, Queiroz telah meninggalkan tim Pixel dua bulan sebelum ponsel Pixel 4 dirilis pada Oktober lalu dan dipindahkan ke peran penting yang berkoordinasi langsung dengan CEO Google Sundar Pichai.

Tak lama, pada Januari 2020 dia hengkang dari Google dan bergabung ke Palo Alto Networks.

Sementara Levoy, berdasarkan laman LinkedIn-nya, juga tercatat telah meninggalkan Google sejak Maret kemarin.

Masih dari laporan The Information, ada rincian mengenai kritik pimpinan hardware Google, Rick Osterloh. Kritik itu mengatakan bahwa pada rapat tim hardware musim gugur lalu menjelang acara peluncuran produk di New York, Osterloh memberi tahu stafnya tentang kekhawatirannya.

Baca juga: Membandingkan Kamera Google Pixel 4 vs. iPhone 11 

Kekhawatiran yang dimaksud adalah, dia tidak setuju dengan beberapa keputusan mengenai ponsel Pixel. Salah satu hal yang tidak dia tidak setujui adalah kekuatan baterai ponsel.

Seperti yang kita tahu kapasitas baterai Pixel 4 2.800 mAh dan Pixel 4 XL 3.700 mAh dengan fast-charging 18W.

Hal ini kemudian menjadi spekulasi apakah ketidakcocokan spesifikasi pada Pixel 4 menjadi alasan kedua ‘otak’ di balik canggihnya Pixel angkat kaki dari perusahaan atau ada masalah lain.

Ada laporan juga yang menjelaskan bahwa penjualan Pixel 4 tidak selaris pendahulunya, yakni Pixel 3. Dari perhitungan lembaga IDC, hanya mengirim sekitar 2 juta unit Pixel dalam dua kuartal pertama sejak ponsel ini dirilis.

Untuk perbandingan, Google mengirim sekitar 3,5 juta Pixel 3, serta nyaris 3 juta unit Pixel 3A untuk periode sama di tahun sebelumnya.

Baca juga: 5 Bocoran 'Ponsel Murah' Pixel 4A dan 4A XL

Tentu angka tersebut tidak sekuat penjualan produk kompetitor. Sebagai contoh, IDC memperkirakan Apple menjual 73,8 juta iPhone pada kuartal keempat 2019 ketika Pixel 4 sudah dirilis.

Diketahui duo Pixel 4 meluncur di acara besar Google yang digelar di New York City, Amerika Serikat pada 15 Oktober 2019 waktu setempat.
Google membekali duo Pixel 4 dengan kamera ganda di bagian belakang, masing-masing resolusinya 12,2MP telephoto yang mampu melakukan zoom 2x dan 16MP wide.

Fitur lain yang melengkapi kecanggihan kamera duo Pixel 4 adalah Night Sight, Live HDR+ yang bisa bekerja secara real-time, serta peningkatan fitur White Balance di setiap mode foto.

Untuk kamera depannya, duo Pixel 4 memiliki resolusi 8MP, serta sensor time of flight (ToF) di bagian belakang untuk membaca jarak dan kedalaman objek foto. Dari tampilan depan, Google sama sekali gak melirik notch, melainkan tetap menggunakan bezel yang agak tebal untuk menyimpan kamera.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 10:18:17

ponsel yang bikin semua orang penasaran

Wulan Susilo 14 May 2020 | 11:56:16

bapak bapak pinter ini ck..ck..idealisnya😯

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article