home ×
Telco

Dua Tower Palapa Ring Timur Dibakar Orang, Internet di Papua Putus

12 January 2021 By
Dua Tower Palapa Ring Timur Dibakar Orang, Internet di Papua Putus
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Dua tower microwave Palapa Ring Timur yang terletak di Provinsi Papua mengalami kerusakan parah karena telah dibakar orang tak dikenal, Sabtu (9/1) lalu.

Menurut Direktur Utama Badan Aksesibiltas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Latif, lokasi Palapa Ring Timur yang dibakar tersebut berada di Tower B4 dan B5, Kabupaten Puncak.

Akibat pembakaran ini, jaringan Palapa Ring di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak, menjadi terputus.

Palapa Ring yang Dibakar (Foto: Dok Bakti)



“Tim Palapa Ring Timur telah melakukan pengecekan di lokasi pembakaran. Berbarengan dengan itu, Kominfo akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mencari tahu pelaku dan motif pembakaran,” ujar Anang, dalam konferensi pers, kemarin.

Baca juga: Buat Apa BAKTI Buat Satelit Lagi?

"Kominfo turut mempersiapkan backup konektivitas di wilayah terdampak dengan menggunakan teknologi satelit untuk melayani kota Ilaga," terang Anang.

Dia juga menambahkan agar masalah ini tidak terulang lagi pihaknya akan bekerjasama dengan Pemda, Pihak Kepolisian dan TNI untuk menjaga Tower Palapa Ring lainnya.

Apalagi,  transformasi digital saat ini sedang menjadi fokus utama pemerintah, salah satunya pembangunan infrastruktur komunikasi di Papua. Program tersebut menjadi prioritas Kominfo hingga 2024.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article