icon-category Auto

Ducati Luncurkan Panigale V4 R Terbaru, Tenaga Tembus 240 HP

  • 19 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ducati Panigale V4 R (Foto: Paultan)

Uzone.id - Ducati telah menghadirkan model terbaru dari superbike Panigale V4 R dengan membawa teknologi lebih canggih dan mesin yang lebih halus.

Panigale V4 R terbaru ini bahkan memiliki tenaga yang nyaris sama dengan motor Ducati Corse yang digunakan di kompetisi Word Super Bike (WSBK).

Model terbaru ini bisa dikenali dengan hadirnya sayap karbon dan livery yang terinspirasi dari MotoGP.

BACA JUGA: Sejarah HDCI, Didirikan Indro Warkop hingga Dijabat Irjen Teddy Minahasa

Di bagian jantung terdapat mesin Desmosedici Stradale R 998 cc yang bisa menghasilkan tenaga 240,5 hp jika pakai knalpot khusus balap.

Kemudian, mesin terbaru ini mendapat redline 16.500 rpm di gigi keenam dan menghasilkan 218 hp pada 15.500 rpm.

Mesin Desmosedici Stradale R terbaru ini punya tenaga lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya karena tuntutan memenuhi aturan emisi, sesuai dengan homologasi Euro 5.

Namun, saat knalpotnya diganti dengan knalpot racing saat berada di sirkuit, kemungkinan tenaganya mencapai 237 hp atau lebih tinggi 3 hp dibanding pendahulunya.

Pengembangan mesin Desmosedici Stradale R yang baru melibatkan pembuatan oli khusus yang dikembangkan oleh Shell bekerja sama dengan Ducati Corse.

Oli baru ini bisa mengurangi gesekan mekanis hingga 10 persen dan meningkatkan daya maksimum darei 3,5 hp naik menjadi lebih dari 4,5 hp dengan limiter.

BACA JUGA: Kawasaki Super Naked Z900 Terbaru Rilis 15 November

V4 R juga menerima pembaruan elektronik dari Panigale V4 2022 dan 2023, sepereti tampilan dasbor Track EVO baru, pengereman mesin, quickshifter, dan pengaturan kontrol traksi yang disempurnakan.

Kontrol traksi Ducati Performance DTC EVO 3 juga mendapatkan mode hujan baru untuk menggantikan mode Street Riding sebelumnya.

Mode tersebut dirancang untuk menghadapi permukaan basah dan licin atau ban untuk hujan. Mode ini juga menyalakan lampu posisi belakang seperti yang dipersyaratkan oleh peraturan balap untuk kondisi hujan.

Panigale V4 R terdapat empat mode daya: Full, High, Medium, dan Low.

Dalam mode Full, mesin menggunakan kurva torsi penuh tanpa filter elektronik kecuali saat berada di gigi satu.

Mode High dan Medium memiliki peta ride-by-wire baru dengan kalibrasi berbeda untuk keenam roda gigi.

Mode Low dirancang untuk penggunaan di jalan atau untuk permukaan dengan cengkeraman rendah, membatasi daya hingga 160 hp dan memberikan respons throttle yang lebih mudah diatur.

Bagian piston juga lebih ringan 5 gram dari generasi sebelumnya. Sehingga mengurangi inersia dan bisa meningkatkan kecepatan mesin. Bobot motor juga berkurang 800 gram.

Panigale V4 R menggunakan rasio gigi yang sama dengan Ducati yang turun di WSBK. Ekstraktor di fairing bawah telah dimodifikasi yang sesuai dengan peraturan WSBK. Sementara di sisi kiri ada saluran masuk udara untuk mendinginkan sensor quickshifter.

Di bagian suspensi depan pakai Ohlins NPX25/30. Suspensi belakang TTX36 mendapat hydraulic preload adjuster dan bisa meningkatkan ketinggian hingga 20 mm.

Tangki bahan bakar terbuat dari alumunimum dan kapasitasnya diperbesar menjadi 17 liter.

Knalpot titanium Akrapovic juga mengurangi bobot hingga 5 kg. Selain itu, velg magnesium juga bisa mengurangi bobot 700 gram dibandingkan velg alumunium.

Di pasar Eropa, motorcylce.com memperkirakan harga Ducati Panigale V4 R dengan mesin Desmosedici Stradale R dijual sekitar USD44.000 atau setara Rp696 juta (kurs Rp15.469 per USD1).

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini