icon-category Auto

Duh, Honda Tutup Pabrik di Filipina

  • 25 Feb 2020 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Setelah General Motors hengkang dari Indonesia dan Thailand, dari Filipina, dilaporkan Honda juga akan menutup operasional pabriknya mulai Maret 2020 ini.

    Honda Motor Company (Honda) secara resmi mengumumkan akan menghentikan operasional pabrik milik Honda Cars Philippines Inc (HCPI) yang berada di distrik Santa Rosa, Provinsi Laguna, Filipina mulai Maret nanti.

    Meski akan menutup pabriknya, Honda berjanji akan tetap menjalankan bisnis penjualan produk berikut layanan purna jualnya.

    Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Xpander Facelift Diam-diam

    “Setelah mempertimbangkan upaya optimalisasi dalam operasi produksi di wilayah Asia dan Oseania, Honda memutuskan untuk menutup operasi manufaktur HCPI,” tulis keterangan resmi di laman resmi Honda.

    “Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Honda di Filipina dengan produk dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, Honda mempertimbangkan alokasi dan distribusi sumber daya yang efisien,” kata Honda.

    Honda akan tetap beroperasi dari sisi penjualan dan aftersales dengan memanfaatkan jaringan regional Honda Asia dan Oseania.

    HCPI didirikan pada November 1990. Dua tahun kemudian – atau tahun 1992 – pabrik Honda didirikan dengan memproduksi beberapa model. Saat ini, dua model yang dibuat di pabrik itu adalah Honda BR-V dan sedan Honda City.

    Baca juga: Honda Jazz di Indonesia Pakai City Hatchback

    Chamber of Automotive Manufacturers of the Philippines, Inc. (CAMPI), Truck Manufacturers Association (TMA), dan Association of Vehicle Importers and Distributors (AVID), membeberkan data penjualan Honda yang memang menurun di Filipina.

    Sepanjang tahun 2019 lalu, penjualan Honda hanya 20.338 unit. Pada tahun 2018, mobil – mobil Honda yang dijajakan HCPI masih laku sebanyak 23.294 unit.

    Posisi Honda pun merosot ke urutan ketujuh setelah Toyota, Mitsubishi, Nissan, Hyundai, Suzuki, dan Ford.

    VIDEO Review Suzuki XL7, Ertiga Versi Crossover:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini