icon-category Digilife

Duh! Nonton Video 4K di YouTube Wajib Bayar

  • 09 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Ke depannya, kalau kalian mau nonton video YouTube dengan resolusi 4K, wajib berlangganan YouTube Premium. Jelas, ini jadi kabar buruk bagi pengguna YouTube gratisan yang menikmati video berkualitas tinggi tersebut.

Sejak diluncurkan pada 2010 silam, YouTube memberikan akses kepada penggunanya untuk bisa menonton dengan resolusi tinggi 4K secara gratis. 

Namun baru-baru ini, platform streaming video milik Google tersebut sedang menguji pemutaran video 4K untuk dijadikan sebagai salah satu fitur utama dari YouTube Premium.

Hal ini dilihat dari beberapa unggahan di platform Reddit dan Twitter selama waktu belakangan ini. 

Baca juga: Dear YouTuber, Bikin Konten Prank Gak Bisa Asal-asalan!

Melansir dari berbagai sumber, di samping opsi resolusi 4K/2160p akan ada tulisan ‘Premium’. Jika penonton memilihnya, YouTube akan meminta mereka beralih ke fitur berbayar untuk menonton video beresolusi 4K. 

Kalau-kalau uji coba ini berhasil dan diterapkan ke depannya, penonton YouTube gratisan cuma bisa ‘gigit jari’, lantaran hanya bisa menikmati video dengan resolusi paling tinggi 1440p saja.

Untuk diketahui, para pengguna yang berlangganan YouTube Premium bakal menikmati tiga fitur eksklusif utama. Pertama, menonton video tanpa ada iklan. Kedua, memutar video di  background untuk perangkat Android. Ketiga, mengunduh video agar bisa ditonton secara offline

Baca juga: Berapa Penghasilan Akun YouTube Lesty Kejora-Rizky Billar?

Di Indonesia sendiri, untuk berlangganan ke YouTube Premium pengguna harus merogoh kocek sekitar kurang lebih Rp59 ribu per bulannya. Dan ini termasuk layanan YouTube Music juga.

Sebenarnya langkah YouTube menjadikan video 4K berbayar bukanlah hal yang baru. Karena YouTube juga membedakan konten HD dan 4K ke dalam tier berbeda untuk para pelanggan YouTube TV. 

Sampai tulisan ini dibuat, YouTube belum memberikan keterangan resmi apakah fitur ini bakal diluncurkan atau tidak. Kita tunggu saja ya! 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini