icon-category Digilife

Duka Netizen Dunia Iringi Wafatnya Ratu Elizabeth II

  • 09 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Twitter @RoyalFamily

    Uzone.id – Kabar duka datang dari Inggris Raya. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 di Balmoral Castle, Skotlandia. Pemimpin monarki terlama di Inggris itu tutup usia di 96 tahun.

    Kabar mengejutkan ini langsung ramai di linimasa media sosial, terutama Twitter. Akun resmi Twitter dan Instagram Royal Family mengumumkan kabar ini secara langsung.

    Sang Ratu telah meninggal dunia dengan tenang di Balmoral siang hari ini,” cuit @RoyalFamily.

    Tak hanya itu, akun Royal Family juga mengunggah pernyataan resmi dari Istana yang diwakilkan oleh sang anak, yakni Charles yang kini siap memegang tahta baru sebagai raja.

    Kematian ibu tersayang saya, Yang Mulia Ratu, adalah momen tersedih bagi saya dan semua anggota keluarga. Kami berduka atas kepergian sosok ratu sekaligus ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kepergiannya akan dirasakan di seluruh penjuru negeri ini dan Negara Persemakmuran, serta warga dunia,” tulis pernyataan tersebut.

    Postingan pernyataan dari keluarga Istana ini sudah mendulang lebih dari 1 juta likes di Instagram.

     
     
     
     
     
    View this post on Instagram
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     
     

    A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily)

    Sejak berita ini terkuak pada pukul 12.30 WIB, tagar #QueenElizabeth langsung menggema di Trending Topic Twitter. Dari pantauan Uzone, jumlah cuitan yang menggunakan tagar ini sudah mencapai lebih dari 600 ribu twit.

    Bahkan dari situs Trends24, jumlah cuitan yang menggunakan tagar #QueenElizabeth bertambah secara cepat dalam kurun satu hingga dua jam.

    Selain #QueenElizabeth, topik seputar “Charles”, “Camilia”, “Diana”, “William”, hingga serial Netflix ‘The Crown’ juga masuk ke jajaran Trending Topic. ‘The Crown’ sendiri merupakan tayang serial original Netflix yang menceritakan tentang perjalanan Ratu Elizabeth II dari awal ia memegang tahta Inggris.

    Kepergian Ratu Elizabeth II ini diiringi oleh duka dari netizen seluruh dunia yang sama-sama mendoakannya.

    Lahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary di Mayfair, London, 21 April 1926, Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin monarki terlama di Inggris, yakni selama 70 tahun.

    Sebelum meninggal dunia, Ratu Elizabeth II dikabarkan sedang mengidap ‘masalah mobilitas episodik’ yang sudah terjadi sejak akhir 2021. Kemudian ia mengurangi kegiatan yang melibatkan acara publik.

    Ratu Elizabeth II juga banyak menghabiskan masa istirahat di Balmoral. Kunjungan Perdana Menteri Inggris yang baru, Liz Truss pun dilakukan di Balmoral – tradisi yang sebenarnya tidak lazim dilakukan mengingat audiensi seperti ini biasanya berlangsung di Istana Buckingham.

    Selamat jalan, Ratu Elizabeth II.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini