icon-category Telco

Duka untuk 8 Pahlawan Telekomunikasi yang Gugur di Puncak Papua

  • 06 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Unsplash

    Uzone.id – Insiden dan serangan senjata yang terjadi di Site Repeater B3 Distrik Mulia, Kabupaten Puncak, Papua menggugurkan 8 pekerja dari PT Tower Palapa Timur Telematika (PT PTT) pada 2 Maret 2022. Kabar duka ini pun juga disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

    “Kami menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari pekerja PT PTT yang menjadi korban insiden dan serangan senjata. Insiden keamanan pada Site Repeater B3 tersebut menyerang 9 pekerja, di mana 8 orang langsung meninggal di tempat,” ucap Johnny dalam keterangannya.

    Dari penjelasan Johnny, serangan senjata tersebut juga mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan serta infrastruktur fisik di sekitar Site Repeater B3.

    Baca juga: Internet Padam, Menteri Ukraina Minta Bantuan Elon Musk

    Proses evakuasi para pekerja PT PTT, baik korban yang meninggal maupun staf yang selamat, dilakukan pada 3 Maret 2022. Perusahaan pun melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan berbagai pihak terkait di Papua, termasuk memperhatikan situasi keamanan dan keadaan cuaca setempat.

    “Kami sangat mengecam insiden pembunuhan dan tindakan kekerasan fisik mengakibatkan hilangnya nyawa para pekerja dan teknisi lapangan PT PTT di tengah upaya menjalankan tugas melakukan percepatan pemerataan konektivitas digital di Indonesia, khususnya di Papua,” kata Johnny.

    Johnny juga berharap agar penegakan hukum dan pemulihan keamanan dapat segera dilakukan oleh pihak berwenang.

    Baca juga: TelkomGroup Siap Gelar Kabel Laut Penghubung Asia Tenggara-Eropa

    “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga dan menciptakan situasi aman agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi dapat dilakukan dengan lancar di Papua,” tutup Johnny.

    Kabar duka ini turut mendapat perhatian dari perusahaan telekomunikasi Telkomsel.

    Melalui unggahan di Instagram, Telkomsel mengucapkan belasungkawa kepada para korban serangan senjata di Puncak, Papua.

    “Kami panjatkan doa dan apresiasi tertinggi kepada para pahlawan telekomunikasi yang gugur demi hadirkan layanan komunikasi bagi kepentingan masyarakat luas. Semoga amal dan ibadah mereka diterima di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” tulis akun @telkomsel.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini