icon-category Film

Dwi Sasono Perankan Ali Oncom: Gigi Tonggos, Kepala Botak, Kuping Baplang

  • 08 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Gue sampai gak nyangka banget kalau aktor Dwi Sasono ternyata pemeran Ali Oncom di film DOA: Cari Jodoh.

    Soalnya, pas trailer film yang judulnya kependekan dari Doyok, Otoy, Ali Oncom itu rilis, gue sampai berpikir keras siapa sih yang jadi Ali Oncom? Eh ternyata Dwi Sasono. Benar-benar gak mirip sama sekali.

    Kalau kamu perhatiin, Ali Oncom ini berkepala botak nanggung di tengah kepala, giginya tonggos dan daun kupingnya baplang kayak kelelawar.

    Ciri khas lainnya, Ali Oncom meskipun pengangguran tapi untuk penampilan selalu trendi. Dia pakai pakaian yang lengan bajunya digulung, pakai rompi denim, kancing dibuka dan kaos oblong di dalamnya. Untuk celana selalu pakain jins dengan model jengki. Oya, doyannya godain janda seksi.

    Meski kayak gitu, Ali Oncom punya pacar sangat cantik dan seksi. Namanya Yuli diperankan Jihane Amira.

    Nah, Ali Oncom bersama Doyok alias Fedi Nuril, dan Otoy alias Pandji Pragiwaksono menyempatkan datang ke redaksi Uzone.id pada Rabu (7/8/2018), lengkap loh mereka pakai kostum prostatik alias palsu. Mereka bikin ketawa geli deh pokoknya.

    Oke, gue tanya-tanya dulu ke Dwi Sasono yang perannya gokil banget ketika jadi si Ali Oncom. Kenapa sih, sampai mau peran ini?

    “Siapa yang gak mau, gue yakin semua aktor kalau dtanyakan pasti berebut pengen jadi Ali Oncom, gue yakin. Sekarang gue waktu zaman dulu baca di koran Poskota itu gue jatuh cintanya emang udah Ali Oncom sih, karena ngeliat gayanya dia, terus suka godain cewek gitu, laki banget lah pokoknya,” ucap pemeran Adi di sitkom Tetangga Masa Gitu? Ini.

    Serba prostetik

    Perankan Ali Oncom, Dwi Sasono pakai kuping porstetik. Kuping itu harus sekali pakai lho gaes. Lalu pakai gigi palsu untuk dibikin tonggos, dan bagian kepala juga pakai porstatik agar kelihatan botaknya.
    Kalau kata Dwi, rasanya tuh panas!

    “Panas sebetulnya, tergantung lokasinya ya kalau kita syutingnya memang ditempatnya di AC mah dingin, tapi kalau kita syutingnya di luar tanpa panas ya, Jakarta panas kan, dan kita juga syutingnya di daerah-daerah kampung dalem gitu kan. Ada di daerah kalimalang, ada di daerah Cikeas, karena kan kalau kita lihat kan kampung Poskota look-look-nya kampung pedalaman Jakarta lah,” cerita dia.

    Dwi Sasono kalau saat didandanin butuh 1-1,5 jam. Saat ditanya seberapa lama dirinya kuat pakai kostum ini? Kata Dwi, paling kuping suka gatal kalau syutingnnya terlalu lama.

    “Kadang gue minta copot dulu (porstatiknya). Kepala kan ditutupin nih kalau lagi kita syutingnya outdoor panas, itu suka pusing kepala gue gimana sih kalau lo pake topi mulu kan kepala kan kayak gak ada udara, kalau dilepas nih embun, embun panas uap,” kata Dwi menunjuk pada kulit kepala porstatiknya.

    “Ya, namanya pengorbanan ya, namanya cinta dengan profesi, cinta kan pengorbann, butuh pengorbanan,” sambung dia.

    Plot film komedia DOA ini tentang persahabatan antara Doyok, Otoy dan Ali Oncom. Doyok berasal dari Yogyakarta, Otoy asal Cirebon, dan bertemu dengan Ali Oncom yang asli Jakarta.

    "Komedinya lengkap di sini, situasinya ada slapstiknya, ada dialog ada, satir gak sih kayaknya. Ya, ini gak jauhlah kalau emang orang-orang pada zaman dulu tahu Doyok, Otoy, Ali Oncom, stay to the character. Tp Doyok emang lebih banyak sindiran-sindirannya," terang Dwi Sasono.

    Bintang lainnya yang akan meramaikan film ini ada Nirina Zubir, Opie Kumis, Jihane Almira, Titi Kamal, Tarzan, 
    Laura Basuki, Sonni Mahmudah, Muzakki, dan Rasyid Albuqhari.

    Film DOA arahan sutradara Anggi Umbara ini akan tayang di bioskop mulai 16 Agustus 2018. Simak aja nih, trailernya:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini